Bisa Kurangi Stres, Ini 7 Manfaat Mandi Pakai Air Dingin di Pagi Hari

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 04:40
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi mandi Ilustrasi mandi (Freepik)

Ntvnews.id, Jakarta - Mandi dengan air dingin di pagi hari memiliki sejumlah manfaat yang bisa berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Meskipun mungkin terasa kurang nyaman bagi sebagian orang, kebiasaan ini dapat memberikan efek menyegarkan dan beragam manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat mandi air dingin di pagi hari:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mandi dengan air dingin membantu memperbaiki sirkulasi darah. Saat tubuh terkena air dingin, pembuluh darah di permukaan kulit menyempit, yang memaksa darah untuk bergerak lebih cepat ke organ-organ vital untuk menjaga suhu tubuh. Ini membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya memperkuat sistem kardiovaskular.

2. Meningkatkan Energi dan Kewaspadaan

Air dingin dapat memberikan efek kejut yang membuat tubuh lebih waspada dan terjaga. Rasa segar yang muncul setelah mandi air dingin dapat meningkatkan energi dan menghilangkan rasa kantuk, membuat tubuh siap menghadapi aktivitas sepanjang hari. Sensasi dingin ini merangsang peningkatan denyut jantung, yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan konsentrasi.

3. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Halaman
x|close