Ini Dia 4 Obat Alami Ampuh Redakan Asam Urat saat Kambuh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Sep 2024, 05:44
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Asam Urat Asam Urat (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan nyeri hebat dan peradangan. Saat serangan kambuh, banyak orang mencari solusi alami untuk meredakan gejala.

Berikut ini adalah empat obat alami yang dapat kamu gunakan saat asam urat kambuh, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Obat Alami Redakan Asam Urat saat Kambuh

1. Ceri

Ceri mengandung antosianin, yaitu sejenis pigmen anti-inflamasi yang memberikan warna merah pada buah ini.

Menurut informasi dari Prevention, zat tersebut berpotensi mengurangi kemunculan gejala atau nyeri yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat.

2. Konsumsi Air yang Cukup

Ilustrasi minum air putih <b>(Freepik/ azerbaijan_stockers)</b> Ilustrasi minum air putih (Freepik/ azerbaijan_stockers)

Elizabeth Volkmann, seorang ahli rheumatologi dan peneliti di UCLA Health, menjelaskan bahwa memperbanyak minum air dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urine dengan lebih efisien.

Badan Pangan dan Gizi merekomendasikan agar wanita mengonsumsi minimal 2 liter air sehari, sementara pria membutuhkan sekitar 3 liter.

3. Produk Susu Rendah Lemak

Makanan olahan susu rendah lemak dikaitkan dengan pengurangan gejala asam urat yang signifikan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine (NEJM) menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi susu rendah lemak, seperti yogurt, setidaknya dua kali seminggu dapat mengurangi risiko asam urat hingga 48 persen.

4. Vitamin C

Vitamin C diketahui dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Penelitian dari Universitas Johns Hopkins menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C sebesar 500 mg setiap hari selama dua bulan dapat secara signifikan menurunkan kadar asam urat pada pasien.

Sumber vitamin C yang baik dalam hal ini termasuk jeruk, stroberi, brokoli, dan kubis brussel.

x|close