Pemeran Profesor McGonagall di Film Harry Potter Meninggal Dunia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Sep 2024, 12:17
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pemeran Prof McGonagall di Film Harry Potter Pemeran Prof McGonagall di Film Harry Potter (Instagram @harrypotter)

Ntvnews.id, Jakarta - Aktris legendaris yang memerankan Profesor Minerva McGonagall dalam seri film Harry Potter telah meninggal dunia pada hari Jumat (27/9) yang lalu. Dame Maggie Smith, aktris serba bisa asal Inggris, meninggal pada usia 89 tahun di kota London.

Dalam pernyataan resmi yang diterima Variety, yang dikutip oleh SYFY, kedua putra Smith mengumumkan kabar duka ini.

“Dengan sedih kami harus mengumumkan kematian Dame Maggie Smith,” ujar Toby Stephens dan Chris Larkin.

Aktris yang lahir di Ilford, Inggris pada 28 Desember 1943 ini mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman dekat pada saat-saat terakhir hidupnya.

“Kami merasa sangat terpukul oleh kepergian beliau, meninggalkan dua anak dan lima cucu yang penuh cinta,” ungkap kedua putranya.

Pemeran Prof McGonagall di Film Harry Potter <b>(Instagram @harrypotter)</b> Pemeran Prof McGonagall di Film Harry Potter (Instagram @harrypotter)

Selain itu, keluarga juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada staf Rumah Sakit Chelsea dan Westminster atas dukungan yang diberikan kepada ibunda mereka selama masa perawatannya. 

Selama kariernya, Dame Maggie Smith berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Oscar, Golden Globe, dan Emmy Award. Karakter Profesor Minerva McGonagall adalah tokoh ciptaan J.K. Rowling dalam buku Harry Potter, seorang Animagus berdarah campuran yang dikenal luas di dunia sihir. 

Ia juga menjadi pemimpin House Gryffindor yang dihormati karena kewibawaannya, kecerdasan, serta ketegasannya, selain menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Hogwarts. Maggie Smith memulai karier aktingnya sejak masa remaja sebagai siswa di Oxford Playhouse, dan terus mengasah kemampuannya melalui teater tradisional serta Shakespeare. 

Karier aktingnya berlangsung lebih dari 60 tahun, menjadikannya salah satu ikon teater Inggris. Atas kontribusinya yang besar terhadap seni, pada tahun 1990, Ratu Elizabeth II memberikan gelar kehormatan kepada Maggie Smith.

x|close