Strategi Agus Gumiwang Biar Gen Z Tertarik Bidang Industri, Khususnya Batik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 15:14
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Agus Gumiwang Agus Gumiwang (Ntvnews.id/ Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap cara atau strategi biar generasi muda tertarik bidang industri.

Cara yang ia lakukan, yakni dengan menggelar beberapa acara festival yang salah satunya bekerja sama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI) hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024.

"Jadi konsep dari industrial festival, kenapa kita pakai ornamen festival, ya ini supaya jadi eye catching ya bagi para generasi muda, kita laksanakan halal bihalal, produk halal juga merupakan hal yang perlu kita bantu kita dukung," kata Agus dalam acara Hari Batik Nasional (HBN) 2024 di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2024.

"Juga sekarang yang kita lakukan dengan kerja sama dengan YBI, Yayasan Batik Indonesia, nanti ke depan akan ada lagi program-program industri festival yang akan memperkenalkan produk-produk Industri kita, yang lebih bisa dicerna oleh generasi muda kita," sambungnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang  <b>(Ntvnews.id/Adiansyah)</b> Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Ntvnews.id/Adiansyah)

Lanjut Agus, dia ingin mendorong supaya anak muda melek produk-produk dalam negeri yang juga adanya panggilan jadi industrialis.

"Dan kita mau mendorong agar selain generai muda kita menjadi, dan wajib menjadi guna produksi-produksi dalam negeri, kita juga berharap bahwa generai muda kita juga mendapat panggilan jadi industrialis," ujarnya.

Mengenai hal tersebut, Agus menuturkan kalau dampak dari industri di berbagai wilayah tentu memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat.

"Dampak bagi perekonomian di wilayah masing-masing itu pasti tercapai, contohnya ketika kita menetapkan IG (Indikasi Geografis) untuk Batik Complongan Indramayu, tahun lalu yang begitu kita tetapkan itu kita lihat pertumbuhan dari Batik Complongan ini berkembang cukup baik, dan itu tentu menumbuhkan ekonomi yang ada di daerah Indramayu," ungkap Agus.

"Dan ini kita harapkan di daerah-daerah lain sama dan tahun ini kita meresmikan IG Batik Gedog Tuban," pungkas Agus Gumiwang.

x|close