8 Penyebab Istri Selingkuh dari Suami, Nomor 4 Banyak Alami Pasutri

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Okt 2024, 09:28
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Selingkuh Ilustrasi Selingkuh (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Setiap pasangan tentu menginginkan pernikahan yang harmonis dan bertahan lama. Namun, kenyataannya perjalanan rumah tangga bisa saja menghadapi tantangan seperti perselingkuhan, yang biasanya akan dihadapi oleh beberapa pasangan.

Wanita memiliki beragam alasan yang dapat membuat mereka berselingkuh dari pasangannya. Kadang, alasan tersebut bisa lebih dari satu. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang istri berselingkuh.

1. Kesepian

Jangan Salahkan Aku Selingkuh <b>(Instagram @wetvindonesia)</b> Jangan Salahkan Aku Selingkuh (Instagram @wetvindonesia)

Salah satu penyebab utama perselingkuhan pada istri adalah perasaan kesepian karena suaminya terlalu sibuk dengan pekerjaan. Untuk mengisi kekosongan tersebut, mereka mungkin akan mencari perhatian dari orang lain.

Walaupun Anda bekerja keras demi keluarga, istri tetap membutuhkan perhatian penuh dari Anda sesekali. Dalam situasi seperti ini, sebaiknya luangkan waktu untuk berbicara dan mencari solusi yang tidak membebani salah satu pihak.

2. Balas dendam

Perselingkuhan tidak selalu terjadi karena keinginan, melainkan bisa juga disebabkan oleh rasa dendam. Seorang wanita mungkin berselingkuh untuk membuat pasangannya merasakan sakit hati seperti yang pernah ia alami.

Namun, tidak semua wanita yang merasakan sakit hati akan berselingkuh. Ada yang memilih untuk menahan perasaan dan berusaha melupakan. Jika balas dendam menjadi alasan perselingkuhan, biasanya tanda-tanda perselingkuhan akan terlihat jelas.

3. Merasa suami bukan pasangan yang tepat

Ilustrasi Selingkuh <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Selingkuh (Pixabay)

Perasaan memang bisa berubah sewaktu-waktu. Saat ini mungkin merasa yakin, tetapi esok hari belum tentu. Dalam kasus ini, istri bisa berselingkuh karena merasa bahwa suaminya bukan pasangan yang cocok. Akibatnya, mereka mulai mencari pasangan lain yang dianggap lebih sesuai.

Padahal, sebuah hubungan pernikahan bukan hanya soal selera. Setelah menikah, kunci kesetiaan adalah saling percaya dan bekerjasama dalam menghadapi kekurangan masing-masing.

4. Kebutuhan seksual tidak terpenuhi

Walaupun tidur satu ranjang, hasrat seksual suami dan istri sering kali berbeda.Istri mungkin menginginkan keintiman saat Anda merasa lelah. Dalam situasi seperti ini, coba berikan pengertian dan buatlah rencana di lain waktu ketika Anda lebih bugar. Pastikan janji tersebut terpenuhi.

Seks adalah elemen penting dalam membangun pernikahan yang bahagia. Namun, seiring bertambahnya usia pernikahan, banyak pasangan yang semakin jarang berhubungan intim. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres pekerjaan, kelelahan mengurus rumah, atau tanggung jawab mengurus anak.

5. Kurang kasih sayang dan keintiman

Ilustrasi Selingkuh <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Selingkuh (Pixabay)

Faktor lain yang dapat menyebabkan istri berselingkuh adalah perasaan kurangnya kasih sayang. Laman Watchtower Online Library menjelaskan bahwa suami sering merasa cukup hanya dengan memberikan materi kepada istri sebagai bentuk kasih sayang.

Namun, penting diingat bahwa materi merupakan tanda tanggung jawab sebagai kepala keluarga, tetapi tidak cukup untuk menggantikan kasih sayang yang harus ditunjukkan melalui perhatian fisik seperti pelukan, ciuman, atau komunikasi setelah pulang kerja.

6. Tidak dihargai

Pernikahan memerlukan saling menghargai satu sama lain. Ibaratnya, suami dan istri adalah sebuah tim yang harus saling mendukung, menghormati, dan menghargai. Namun, tidak jarang suami menyerahkan urusan rumah tangga sepenuhnya kepada istri.

Hal ini dapat membuat istri merasa diremehkan dan kurang dihargai, yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab mereka berselingkuh. Jika situasi ini terus berlanjut, istri mungkin akan mencari orang lain yang lebih menghargainya.

7. Masalah ekonomi

Ilustrasi Selingkuh <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Selingkuh (Pixabay)

Wanita sering kali diberi stigma sebagai materialistis karena menginginkan pria yang mapan. Faktanya, hal tersebut sangat realistis karena uang memang merupakan salah satu faktor penting dalam pernikahan, apalagi jika sudah memiliki anak.

Oleh sebab itu, diskusikan masalah keuangan sebelum menikah agar dapat menemukan cara yang tepat untuk mengelola keuangan rumah tangga.

8. Kebosanan

Pernikahan yang sudah berjalan lama terkadang menimbulkan rasa bosan terhadap pasangan dan rutinitas sehari-hari. Padahal, bisa jadi pernikahan tersebut tidak banyak menghadapi masalah besar.

Rasa bosan ini bisa menjadi alasan istri berselingkuh, karena mereka menginginkan suasana yang baru. Namun, hubungan baru tersebut belum tentu memberikan apa yang mereka harapkan. Apa pun alasannya, perselingkuhan adalah sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan.

x|close