Dukungan Didit Hediprasetyo kepada Indra Leonardi Lewat Karya 365

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Okt 2024, 22:26
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Didit prabowo hadir di Indra Leonardi akan menampilkan karya terbarunya berjudul "365 by Indra Leonardi" di Spac8, Ashta Didit prabowo hadir di Indra Leonardi akan menampilkan karya terbarunya berjudul "365 by Indra Leonardi" di Spac8, Ashta (DOKUMEN)

Ntvnews.id, Jakarta - Fotografer ternama Indra Leonardi menampilkan karya terbarunya berjudul "365 by Indra Leonardi" di Spac8, Ashta. Didukung oleh Ashta sebagai tempat utama, pameran ini akan dibuka untuk umum pada 13 Oktober 2024 dengan resepsi VIP eksklusif pada 12 Oktober 2024. Pameran ini akan berlangsung hingga 3 November 2024.

"365" adalah proyek satu tahun yang dibuat dalam rangka merayakan ulang tahun ke-60 Indra Leonardi, dengan menangkap gambar setiap hari mulai dari Agustus 2023. Menggunakan teknik tradisional dan lensa manual dari kamera Sony, Leonardi sengaja menciptakan gambar buram yang abstrak, mencerminkan kehidupan dan perjalanannya sehari-hari. Pameran di Spac8 menyoroti keindahan ketidaksempurnaan dan keaslian artistik dengan tujuan memperkuat pemahaman lintas budaya.

"Dalam seri ini, fokus beralih dari ketajaman kejelasan, dan kualitas yang sering diasosiasikan di dalam fotografi profesional, kini justru merangkul kekaburan sebagai metafora untuk memori dan refleksi," ucap Leonardi.

Didit Prabowo hadir di Indra Leonardi akan menampilkan karya terbarunya berjudul &quot;365 by Indra Leonardi&quot; di Spac8, Ashta <b>(DOKUMEN)</b> Didit Prabowo hadir di Indra Leonardi akan menampilkan karya terbarunya berjudul "365 by Indra Leonardi" di Spac8, Ashta (DOKUMEN)

“Saya menduga bahwa seri foto ini justru dibuat dengan keinginan untuk melakukanrefleksi atas pengalaman dan perjalanan hidup, baik sebagai pribadi maupun juga sebagai seorang fotografer profesional. Ia ingin merayakan hubungan dirinya dengan kamera dan fotografi secara keseluruhan, dengan cara membebaskan diri sekaligus membebaskan kamera dari tuntutan ketajaman dan kejelasan gambar. Ia ingin menghidupkan kembali watak intuitif dan spontan, menjadikan lensa kameranya sebagai penangkap rutinitas kegiatannya sehari-hari, tetapi hanya sebagai tanda-tanda yang samar, sebagai kelebat ingatan. Semua ini adalah jeda dari kebiasaan, atau habitus yang selama ini melingkupi praktik Indra Leonardi sebagai fotografer profesional.mSeperti dalam puisi, jeda, atau caesura, adalah batas yang mengapung samar, blur,sejenak menjadi ruang refleksi, penentu makna atau tanda bagi alur kisah yang baru.” ujar Enin Supriyanto

Malam pembukaan akan diresmikan oleh Didit Hediprasetyo, salah satu perancang busana Indonesia yang telah dikenal secara internasional dan akan dipandu oleh Roland Adam, Bianca A Lutfi, Angel Pieters, Lukman Sardi, Winda Malika Siregar, Arini Subianto, dan Tom Tandio yang akan berkumpul bersama-sama merayakan pencapaian ini. Proyek ini didukung oleh tim yang luar biasa: Enin Supriyanto sebagai penulis, Henricus Linggawidjaja dari Artnivora sebagai direktur kreatif, Gregorius Supie Yolodi dan Maria Rosantina dari Yolodi+Maria Architects, dengan bantuan khusus dari Esti Nurjadin dari D Gallerie.

"Banyak terimakasih kepada sahabat dan semua yang telah mendukung karya terbaru saya sini. Juga terimakasih kepada mas Didit Hediprasetyo yang sempatkan hadir ke 365 ini," ucap Leonardi.

x|close