Roadshow Jakarta Doodle Fest, Dukung Mahasiswa Mengembangkan Karya Seni!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Okt 2024, 16:31
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
JDF X MR DIY JDF X MR DIY (Ist)

Ntvnews.id, JakartaJakarta Doodle Fest (JDF), sebuah ajang selebrasi seni visual yang digawangi oleh media TFR News akan hadir kembali tahun ini dengan tema baru: “Art to Cart” dan akan dilaksanakan lebih meriah di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 1-3 November.

Tema baru ini bertujuan mengangkat pentingnya bagi seniman untuk tidak hanya berkarya, tetapi juga mendapatkan manfaat ekonomi dari karya mereka. Karenanya, program yang ditampilkan dalam JDF 2024 pun banyak mengangkat isu tersebut. Di antaranya roadshow ke berbagai sekolah dan fakultas seni di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, dan Malang.

Dalam rangkaian roadshow ini, JDF menggandeng tiga sponsor untuk tiga program berbeda: MR.DIY untuk pengembangan karya seni instalasi, myBCA untuk pengembangan karya grafik desain untuk merchandise, dan Galeri Indonesia Kaya untuk pengembangan karya seni teater.

Dalam pelaksanaannya, JDF berkolaborasi dan mendapat dukungan dari sederet kampus di Indonesia, yakni Binus University Alam Sutera, Pradita University, Institut Kesenian Jakarta, UIC College, LSPR, ATVI IMDE, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Negeri Malang.

“Roadshow kami dengan tiap kolaborator dan kampus memiliki keunikan tersendiri, baik dari seni apa yang difokuskan, hingga desain acaranya. Semua merupakan bagian dari upaya Jakarta Doodle Fest merayakan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni visual, khususnya dengan anak muda,” ujar cofounder JDF dan TFR News Mandy CJ yang hadir di tiap sesi roadshow ini.

Sesuai dengan tema JDF 2024 yakni “Art to Cart”, terjalin juga sinergi antara komunitas seni
visual dengan pelaku industri, dalam hal ini lewat dukungan para sponsor sepanjang rangkaian
program. Terkait keterlibatannya dalam inisiatif ini, Ria Sutrisno sebagai Head of Marketing
MR.DIY menyampaikan, “MR.DIY merasa bangga bisa turut memberikan dukungan untuk anak
muda yang menggeluti seni visual lewat JDF 2024."

Jakarta Doodle Fest x MR. DIY

JDF X MR DIY <b>(Ist)</b> JDF X MR DIY (Ist)

Roadshow Jakarta Doodle Fest x MR.DIY meliputi tiga kota, pertama di Malang (26/9). Bandung (3/10), dan Jakarta (9/10), di mana para mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari para mentor, melainkan ikut mencoba langsung dalam pembuatan karya seni menggunakan berbagai material yang didapat dari gerai MR.DIY.

MR.DIY juga memberikan dukungan bagi peserta dalam bentuk art installation competition, yang mana hasil instalasi para pemenang akan dipajang di pameran All The Small Things di acara utama Jakarta Doodle Fest dan salah satu toko MR.DIY. Inisiatif ini diharapkan bisa memberikan exposure bagi para pemenang dan menunjukkan berbagai potensi dan bakat mahasiswa Indonesia menuju perjalanan mereka menjadi pelaku seni profesional.

All The Small Things (ATST) sendiri merupakan sebuah inisiatif yang digarap oleh Muklay, yang kembali berperan sebagai Art Director JDF, untuk memberikan wadah bagi para seniman untuk menampilkan karya mereka, di mana karya-karya ini juga dapat dibeli oleh publik.

JDF x myBCA

JDF x myBCA <b>(Ist)</b> JDF x myBCA (Ist)

Jauh berbeda dengan desain acara dengan MR DIY, roadshow bersama myBCA berfokus ke program desain grafis, di mana para mahasiswa mendapatkan insights langsung dari para mentor sekaligus mendapatkan real-life opportunity mendesain merchandise myBCA.

Pasalnya, mahasiswa yang mengikuti rangkaian program dan mendaftarkan karya mereka berkesempatan untuk mendesain official merchandise myBCA apabila terpilih & menang. Kesempatan ini memberikan para mahasiswa pengalaman tak ternilai, yaitu terjun langsung mengerjakan karya untuk sebuah korporasi, seperti apabila mereka sudah bekerja nanti.

Menurut salah satu mentor, Andre Manggala, “Berkesempatan menjadi mentor untuk mahasiswa dalam art roadshow Jakarta Doodle Fest bersama myBCA seperti melihat diri sendiri di zaman dulu. Karena saat masih kuliah, kita nggak selalu terbayang akan seperti apa ketika merintis karier nanti. Makanya, “myBCA Mentorship Project” bisa membantu membuka wawasan mereka tentang dunia kerja yang sebenarnya, rasanya banyak yang aku ingin share”.

JDF x Galeri Indonesia Kaya

JDF x Galeri Indonesia Kaya <b>(Ist)</b> JDF x Galeri Indonesia Kaya (Ist)

Sementara itu, kolaborasi Jakarta Doodle Fest dengan Galeri Indonesia Kaya berfokus pada produksi teater musikal yang terinspirasi oleh ilustrasi seniman Varsam Kurnia, “Moonboy and His Starguide The Musical”. Para mahasiswa yang berpartisipasi akan mengikuti tiga kelas, dua sesi latihan, dan terlibat dalam pertunjukan final pada acara utama Jakarta Doodle Fest 2024.

Seluruh rangkaian kelas dan latihan bertempat di Galeri Indonesia Kaya, yang berada di Grand
Indonesia, dengan mengangkat topik set design, kostum & tata rias, dan stage management.
Pementasan teaternya sendiri dapat dinikmati oleh pengunjung Jakarta Doodle Fest 2024 di
hari kedua (2 November 2024), dan merupakan salah satu cara baru merayakan seni visual.

Pasalnya, selain berfokus pada aspek visual dari teater seperti set design dan wardrobe, produksi teater ini berawal dari sebuah IP ilustrasi yang dihasilkan seorang seniman, Varsam Kurnia, dan atas kolaborasi cross-discipline dapat berkembang menjadi produk seni yang lain.

Rangkaian acara menuju acara puncak Jakarta Doodle Fest 2024 sendiri akan berakhir pada sesi rehearsal bersama Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 31 Oktober 2024.

“Banyak elemen baru yang akan kami hadirkan dalam edisi kedua Jakarta Doodle Fest tahun ini, termasuk ‘buah’ dari apa yang kita hasilkan selama roadshow. Misalnya karya mahasiswa di pameran All The Small Things dan pertunjukan teater musikal. Kita ingin membuka mata publik akan apa saja possibilities dari sebuah karya seni visual,” tambah Mandy.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jakarta Doodle Fest dan ATST, silakan kunjungi laman sosial Instagram @jakartadoodlefest. Ayo dukung komunitas seni visual dan karya mereka dengan memeriahkan rangkaian acara Jakarta Doodle Fest 2024!

x|close