Terkuak! 5 Negara Ini Ternyata Pelajari Budaya Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Okt 2024, 08:20
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Batik Batik (Kemendikbud)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia memiliki beragam etnis dan bahasa. Banyak warga negara asing yang tertarik untuk mengenal dan mempelajari budaya Indonesia.

Bahasa Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai bahasa resmi pada November 2023, yang menunjukkan semakin banyaknya orang yang ingin mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

1. Jepang

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang terbuka terhadap berbagai budaya. Antusiasme masyarakat Jepang untuk mempelajari budaya Indonesia sangat tinggi. Contohnya, mahasiswa dari Universitas Keio menampilkan pertunjukan tari Jaipong yang diiringi musik gamelan, seperti dilaporkan oleh situs resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Baca Juga: Komeng Akhirnya dipindah ke Komisi Seni Budaya, Ini Kronologinya

Dalam acara bertajuk Indonesia Day: The Enchantment of West Java Cultural Arts pada September 2021, banyak mahasiswa Jepang yang bersemangat memainkan musik khas Jawa Barat. Acara ini berhasil mempererat hubungan budaya antara Indonesia dan Jepang.

2. Australia

Sebagai negara tetangga Indonesia, warga Australia seringkali tertarik dengan bahasa dan budaya Indonesia. Banyak turis Australia yang tinggal di Indonesia untuk mempelajari berbagai aspek budaya dan bahasa. Penggunaan bahasa Indonesia di Australia juga telah menyebar ke berbagai tingkat pendidikan.

Menurut Strait Times, banyak sekolah menengah di Australia yang menawarkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran, meskipun jumlah peminat dilaporkan menurun antara 2021 dan 2022. Penurunan minat ini terlihat dari berbagai keperluan belajar para siswa di Australia.

3. Belanda

Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia, budaya Indonesia tetap ada di Negeri Kincir Angin. Hal ini terlihat dari keberadaan budaya Jawa yang populer di Belanda. Pengenalan budaya Jawa tidak terlepas dari para cendekiawan Indonesia yang belajar di Belanda.

Baca Juga: Ribuan Orang Gelar Aksi dengan Kebijakan Menteri Kebudayaan Slovakia

Beberapa di antara mereka yang menetap di sana ikut menyebarkan budaya daerahnya. Akibatnya, terdapat sekolah khusus di Amsterdam untuk mempelajari budaya dan bahasa Jawa, yang dikenal dengan nama Vijfhart Oracle & Java Opleidingen Turnhout.

4. Malaysia

Budaya dan bahasa Malaysia memiliki kesamaan yang kuat dengan Indonesia. Ini tidak terlepas dari pengaruh kultur Melayu yang telah ada di wilayah Indonesia sejak lama. Indonesia dan Malaysia memiliki istilah 'serumpun' yang mencerminkan hubungan nenek moyang di Nusantara.

5. Suriname

Penyebaran budaya Indonesia juga mencapai bagian selatan Amerika, termasuk Suriname, yang merupakan rumah bagi beberapa warga etnis Jawa yang sering memperkenalkan budayanya kepada penduduk lokal.

Orang Jawa Suriname pertama kali tiba di negara itu saat dibawa oleh kolonial Belanda sebagai pekerja kasar, tetapi banyak yang memilih untuk menetap dan membangun keluarga. Terdapat satu wilayah yang mayoritas dihuni oleh keturunan etnis Jawa.

x|close