Jayabaya Ramal Masa Depan Pulau Jawa, Bakal Terbelah Berkat Gunung Ini

NTVNews - 22 Mei 2024, 10:34
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Prabu Jayabaya Prabu Jayabaya (Tangkapan Layar: YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Seperti diketahui Jayabaya adalah seorang raja yang menjabat di Kerajaan Kediri antara tahun 1135 sampai 1159 Masehi. Raja keempat Kediri itu dikenang sebagai seorang penguasa yang berhasil membawa kerajaan tersebut ke puncak kejayaan. 

Di bawah kepemimpinan Jayabaya, Kerajaan Kediri ini mampu mencapai masa keemasan. Jayabaya juga dikenal luas sebagai sosok yang sakti berkat ramalannya yang terkenal dengan sebutan Jangka Jayabaya. 

Ramalan tersebut meliputi aspek kehidupan, mulai dari kondisi sosial dan politik, sampai kemungkinan bencana  alam melanda sejumlah wilayah. Salah satu ramalan Jayabaya yang terkenal adalah prediksi tentang terbelahnya Pulau Jawa menjadi dua bagian. 

Jayabaya <b>(Istimewa)</b> Jayabaya (Istimewa)

Hal ini berdasarkan sebuah ramalan Jayabaya yang berbunyi “Pulo Jawa pecah dadi loro, wong Jawa kari separo," tang memiliki arti "Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua, dan penduduk Jawa hanya akan tinggal separuhnya."

Selain itu, banyak sumber yang mengatakan bahwa masyarakat Jawa menghubungkan ramalan tersebut dengan Gunung Slamet yang tepat berada di tengah-tengah Pulau Jawa, tepatnya berada di Provinsi Jawa Tengah. 

Gunung Slamet termasuk ke dalam lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes. Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Slamet tentu saja memiliki potensi besar untuk erupsi kapan saja. 

Halaman
x|close