5 Dampak Mengonsumsi Makanan Pedas, Bikin Pilu

NTVNews - 22 Mei 2024, 20:10
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi sedang memakan mekanan pedas Ilustrasi sedang memakan mekanan pedas (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka dengan makanan pedas? Sensasi pedas yang membakar lidah dan menghangatkan tubuh memang selalu menggoda.

Namun, di balik kelezatannya, makanan pedas juga memiliki beberapa dampak pada tubuh.

Berikut adalah 5 dampak yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Metabolisme

Kapsaisin adalah komponen aktif dari cabai, yang merupakan tanaman dari genus Capsicum. Zat ini menyebabkan iritasi pada mamalia, termasuk manusia, dan menghasilkan sensasi terbakar (pedas) di jaringan mana pun yang bersentuhan dengannya.

Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori, bahkan saat sedang istirahat.

2. Meredakan Nyeri

Memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri. Hal ini bermanfaat bagi orang-orang yang menderita arthritis, sakit kepala, dan nyeri kronis lainnya.

3. Meningkatkan Mood

Makan makanan pedas dapat meningkatkan mood Anda. Kapsaisin dapat memicu pelepasan endorfin, hormon yang membuat Anda merasa senang dan bahagia.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Kapsaisin dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kapsaisin dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan melawan bakteri jahat di usus.

Baca Juga:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Asam Lambung

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi makanan pedas berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti Diare, Sakit perut, Mual dan muntah.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan pedas secukupnya dan sesuai dengan toleransi tubuh. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti maag atau GERD, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan pedas.

x|close