Doggyhouse, Tempat Inspirasi Shaggydog Ciptakan Lagu

NTVNews - 25 Mei 2024, 16:02
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Shaggydog saat menjadi bintang tamu dalam program Soundcore Podcast di Nusantara TV. Shaggydog saat menjadi bintang tamu dalam program Soundcore Podcast di Nusantara TV.

Ntvnews.id, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Shaggydog? Band ska reggae ini terbentuk di Sayidan pada 1 Juni 1997.

Sayidan adalah sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Yogyakarta. Band ini beranggotakan Heruwa (vokal), Richard (gitaris), Raymond (lead gitar), Bandizt (bass), Lilik (keyboard) dan Yoyok (drum).

Mereka sepakat menyebut musik yang dimainkan sebagai "Doggy Stylee. Dimana aliran musik yang mereka usung adalah perpaduan beberapa unsur, di antaranya ska, reggae, jazz, swing, dan rock and roll.

Beberapa band yang mempengaruhi gaya bermusik mereka seperti Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, Long Beach Dub Allstars, dan beberapa band lainnya.

Album Shaggydog pertama kali dirilis pada 1999 dengan judul "Shaggydog" di bawah label Doggyhouse. Pada 2001 album kedua berjudul "Bersama" dirilis.

Masa keemasan Shaggydog dimulai pada 2003, yang dimulai dari pesta Tahun Baru di UPN Yogyakarta. Kala itu, sekitar dua puluh ribu penggemar Shaggydog yang disebut "Doggies" membanjiri UPN. 

Kemudian dilanjutkan dengan tour 8 kota Shaggydog yang berlangsung dari Maret (Semarang, Solo, Tegal, Salatiga, Purwokerto, Pekalongan, Jogjakarta, Magelang), membuat nama Shaggydog semakin melambung.

Halaman
x|close