Mengenal 5 Makanan Penurun Hipertensi: Selalu Jaga Kesehatan Anda!

NTVNews - 27 Mei 2024, 11:00
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Hipertensi atau Darah Tinggi Hipertensi atau Darah Tinggi (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Namun, ada cara-cara alami untuk mengelola tekanan darah, salah satunya adalah melalui konsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah lima makanan yang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dilansir dari Mayo Clinic: 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kangkung kaya akan nutrisi penting seperti potassium, magnesium, dan serat. Potassium dan magnesium membantu dalam mengatur tekanan darah dengan memperlancar aliran darah dan mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Hipertensi atau Darah Tinggi <b>(Istimewa)</b> Hipertensi atau Darah Tinggi (Istimewa)

Buah-Buahan Beri

Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang kuat, termasuk flavonoid dan anthocyanin, yang dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:

Catat! Perlengkapan Obat-obatan yang Harus Dibawa Jemaah Haji

5 Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah, serta biji-bijian seperti chia seed dan biji labu mengandung magnesium, potassium, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ikan Berlemak

Daging Ikan Salmon <b>(Pixabay)</b> Daging Ikan Salmon (Pixabay)

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal memiliki sifat antihipertensi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dimasak dalam diet sehari-hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga:

5 Jenis Sayuran Ini Berbahaya Jika Digoreng, Salah Satunya Kol

Dengan menggabungkan makanan-makanan sehat ini dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap stabil dan mencegah risiko terjadinya hipertensi. Namun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

x|close