Mengintip Fakta Unik Tentang Komodo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jun 2024, 09:21
Bagas Adi Pangestu
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Komodo (freepik.com) Komodo (freepik.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Komodo (varanus komodoensis) adalah hewan purba yang hanya ada di Pulau Rinca atau Pulau Komodo di area Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Sebagai binatang langka, yang makin berkurang populasinya, buaya komodo ternyata masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap.

Berikut fakta tentang keunikan komodo yang tak banyak diketahui dari berbagai sumber:

Suka bermain
Komodo yang selama ini dikenal menakutkan, ternyata juga suka bermain. Namun, fakta ini lebih banyak ditemukan dalam pengamatan di sejumlah kebun binatang. Komodo biasanya memang sering tampak bermain dengan benda-benda di sekelilingnya tanpa ada keinginan menyerang atau memakan. Meski pun begitu, jangan sekali-kali mendekati komodo liar.

Bisa berlari cepat
Meski termasuk hewan melata, jangan kira komodo adalah hewan yang lamban. Rupanya, binatang ini mampu berlari dengan hingga 18 kilometer per jam, bahkan 20 kilometer per jam. Kecepatan ini hanya lebih lambat 4 kilometer saja dari kecepatan rata-rata manusia pada saat berlari. Menariknya, komodo ternyata juga bisa memanjat, selain berlari cepat.

Pemakan bangkai
Rupanya komodo lebih suka memakan bangkai daripada berburu, meski pun mereka bersifat predator. Mungkin karena komodo termasuk hewan yang pemalas. Mereka biasanya dapat mencium bangkai hingga berjarak 10 kilometer, dan tak jarang menggali kembali mayat yang baru saja dikubur. Makanya, masyarakat mengubur mayat di tanah liat dan ditumpuki batu.

Komodo <b>(Indonesia.travel)</b> Komodo (Indonesia.travel)

Bereproduksi tanpa seks
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 silam, ternyata komodo betina bisa bereproduksi secara seksual dan aseksual melalui proses partenogenesis. Dalam kondisi tidak ditemukannya para pejantan, maka komodo betina pun akan melakukan proses-proses partenogenesis ini, sehingga mereka menghasilkan telur yang dibuahi oleh dirinya sendiri.

Hanya perlu makan sebulan sekali
Meski pun hanya makan sebulan sekali, komodo tetap akan bisa bertahan hidup. Namun, jangan salah, sekali makan mereka bisa menelan mangsanya yang memiliki berat hingga 80 persen dari berat badannya, seperti kambing. Lalu, mereka berjemur di bawah matahari untuk mempercepat metabolisme, dan lalu memuntahkan tanduk dan gigi dari mangsanya.

Halaman
x|close