Mengintip Dahsyatnya Manfaat Kunyit Bagi Tubuh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 03:10
Bagas Adi Pangestu
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kunyit (freepik.com) Kunyit (freepik.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama. Bukan tanpa alasan, bumbu rempah yang kerap kali digunakan sebagai bahan masakan ini mengandung protein, serat, vitamin, mineral, dan berbagai macam nutrisi lainnya yang diketahui dapat meningkatkan imun tubuh hingga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Mengonsumi kunyit pun kini lebih mudah dengan dibuat jamu atau minuman kemasan. Berikut manfaat tersembunyinya:

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 
Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, kunyit mengandung berbagai senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri sehingga dapat membantu sistem imun tubuh dalam melawan efek radikal bebas serta mencegah infeksi dari berbagai mikroba penyebab penyakit.

2. Meredakan Nyeri Haid
 
Kunyit telah dikenal sebagai obat herbal yang dapat membantu mengatasi nyeri haid. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko haid tidak teratur, timbulnya jerawat, dan gangguan keseimbangan hormon lainnya.

3. Meredakan Gatal-Gatal pada Kulit
 
Terdapat pula manfaat kunyit untuk kulit yang membantu meredakan gatal-gatal akibat kondisi medis tertentu, seperti dermatitis atopik (eksim), penyakit ginjal kronis, psoriasis, infeksi kulit dan lain sebagainya. Agar memperoleh manfaat ini secara optimal, campurkanlah kunyit dan air ekstrak lada hitam untuk dijadikan minuman herbal.

4. Membantu Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan juga menjadi salah satu manfaat kunyit yang sayang jika dilewatkan. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya dapat meningkatkan produksi mukus atau lendir untuk menjaga lapisan dinding lambung supaya tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung sehingga bisa membantu meredakan dispepsia dan meminimalkan risiko tukak lambung.

Halaman
x|close