Mahalini Jalani Prosesi Mepamit ke Keluarga dan Para Leluhur, Pindah Agama ke Islam?

NTVNews - 3 Mei 2024, 16:07
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Mahalini, Rizky Febian Mahalini, Rizky Febian

Ntvnews.id, Jakarta - Kabar bahagia tengah menyelimuti pasangan Rizky Febian dan Mahalini. Pasangan selebriti ini diduga akan segera menggelar pesta pernikahan dalam waktu dekat. Menurut kabar yang beredar, pesta pernikahan ini akan digelar di kediaman Mahalini di Bali pada Minggu, 8 April. 

Salah satu prosesi yang akan dilaksanakan oleh Mahalini adalah mepamit. Prosesi ini adalah salah satu dari sekian prosesi yang akan dijalankan oleh perempuan berdarah Bali tersebut. Sebab, Mahalini menganut agama Hindu seperti keluarga besarnya. 

Rencananya, prosesi mepamit ini akan dilaksanakan di kediaman Mahalini di Bali beriringan dengan prosesi yang lain. Mepamit ini memiliki beberapa makna, tapi secara garis besar adalah prosesi saat pengantin perempuan pamit tidak hanya ke orang tua tapi juga para leluhur.

Mahalini, Rizky Febian Mahalini, Rizky Febian

Pamitan ini dilaksanakan karena akan segera menikah. Setelah menikah, mempelai perempuan tersebut akan pergi ke rumah mempelai pria untuk menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri. Dalam prosesi ini, Mahalini biasanya akan mengenakan kebaya khas Bali. 

Berdasarkan keterangan sejumlah sumber, kebaya yang dipakai juga senada dengan yang dipakai mempelai pria. Namun, ada yang mengartikan bahwa prosesi mepamit justru berkaitan dengan keputusan mempelai perempuan untuk meninggalkan agama Hindu. 

Sejumlah orang di bali memang masih meyakini bahwa perempuan Hindu di bali yang menikah dengan laki-laki dari luar agama Hindu harus mengikuti keyakinan dari sang pria. Hal ini juga tampak diyakini ayah Mahalini yang tidak mempermasalahkan jika sang putri pindah agama

Mahalini, Rizky Febian Mahalini, Rizky Febian

Bagi mereka yang beda agama, mepamit ini dikaitkan dengan gambaran untuk menyampaikan selamat tinggal dan izin baik-baik saat memutuskan untuk meninggalkan agama Hindu sebelum akhirnya memutuskan pindah agama mengikuti keyakinan calon suami. 

Apabila Mahalini menikah dalam prosesi Islam, proses mepamit ini dilakukan terlebih dahulu. Mahalini tidak dapat menikah secara Islam jika belum mepamit. Prosesi ini terbagi menjadi dua bagian, sekala atau terlihat dan niskala atau tidak terlihat. 

Pada saat menjalankan kedua prosesi tersebut, sang calon suami yang tidak lain adalah Rizky Febian harus menemani sang calon istri. Namun, kabar pindah agama Mahalini tersebut belum bisa diketahui kebenarannya karena dari kedua belah pihak tidak ada yang buka suara.  



x|close