Waspada Heatstroke! Bahaya Terik Matahari di Tengah Panasnya Suhu Arab Saudi yang Menembus 51 Derajat Celcius

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jun 2024, 14:24
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Jemaah haji Jemaah haji (Ist)

Ntvnews.id, Jakarta - Musim panas di Arab Saudi telah mencapai puncaknya. Suhu udara di beberapa wilayah bahkan menembus 51 derajat Celcius, seperti yang terjadi di Mekkah baru-baru ini. Panas yang ekstrem ini tidak hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan, bahkan berakibat fatal.

Apa itu Heatstroke?

Heatstroke adalah kondisi darurat medis yang terjadi ketika tubuh tidak lagi mampu mengatur suhunya sendiri. Biasanya, heatstroke terjadi akibat paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama atau melakukan aktivitas fisik berat di lingkungan yang panas dan lembab.

Saat suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) atau lebih, dan disertai dengan gejala gangguan sistem saraf pusat, inilah yang disebut heatstroke. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh hingga kematian jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Suhu ekstrem di Arab Saudi membuat risiko heatstroke semakin tinggi. Terutama bagi para jemaah haji yang datang dari berbagai negara dengan iklim yang lebih dingin. Faktor lain seperti kelelahan, dehidrasi, dan kondisi kesehatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko heatstroke.

Berikut langkah-langkah awal yang dapat dilakukan jika Anda menduga seseorang mengalami heatstroke:

1. Pindahkan orang tersebut ke tempat yang teduh dan sejuk.

Halaman
x|close