Keren, Ini 5 Studio Film di Indonesia dengan Kualitas Hollywood

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jun 2024, 15:42
Agus Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
studio Infinite Batam studio Infinite Batam (infinitestudios)

Ntvnews.id, Jakarta - Subsektor film di Indonesia terus berkembang pesat dan signifikan, terlihat dari banyaknya film berkualitas yang berhasil menarik jutaan penonton. Bahkan, film-film Indonesia sering diputar di berbagai festival film internasional, mengukuhkan Indonesia sebagai penghasil film-film terbaik.

Kesuksesan ini tentu tidak lepas dari kerja keras para insan kreatif perfilman, rumah produksi, dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk studio-studio film yang menjadi sarana penting dalam proses pengambilan gambar atau syuting.

Studio film di Indonesia memang dirancang khusus untuk lokasi syuting berbagai film. Biasanya, studio ini dilengkapi dengan latar atau bangunan yang bisa dibongkar-pasang sesuai kebutuhan, sehingga menghasilkan gambar yang lebih realistis.

Menariknya, beberapa studio film ini mulai dikenal publik dan menjadi destinasi wisata. Berikut adalah beberapa studio film di Indonesia dengan fasilitas lengkap, sebagaimana dikutip dari situs Kemenparekraf:

1. Studio Alam Gamplong

Gamplong Studio <b>(Instagram @gamplong_studio)</b> Gamplong Studio (Instagram @gamplong_studio)

Studio Alam Gamplong terkenal di media sosial sebagai lokasi syuting film-film ternama Indonesia seperti "Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta" (2018), "Bumi Manusia" (2019), dan "Habibie Ainun 3" (2019). Berlokasi di Dusun Gamplong 1, Moyudan, Sleman, D.I. Yogyakarta, studio ini menggambarkan kota masa lalu abad 16-17 dengan berbagai zona seperti Zona Replika Kranggan Surabaya, Pecinan, dan Benteng VOC. Studio ini bahkan memiliki trem jadul yang berjalan mengelilingi lokasi, menjadikannya disebut sebagai studio Hollywood-nya Indonesia.

Halaman
x|close