Mengenal Baju Barong: Pakaian Khas Bali yang Menjadi Incaran Wisatawan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jun 2024, 10:05
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Baju Barong Bali Baju Barong Bali (Instagram @bajubarongbali)

Ntvnews.id, Bali - Bali memiliki sejuta keindahan yang tak terlupakan. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Bali juga memiliki ciri khas seperti oleh-oleh khas Bali pie susu dan juga baju barong yang selalu menjadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke Bali.

Baju barong memiliki desain unik yang mengangkat budaya Bali meskipun sederhana. Namun, di balik popularitasnya, terdapat sejarah panjang hingga baju barong dikenal dan dicari banyak orang.

Dikutip dari situs Kemenparekraf, Baju barong asli Bali pertama kali dibuat oleh almarhum Pande Ketut Krisna, yang meninggal pada usia 77 tahun pada 29 Februari 2024. Penemuan baju barong sebenarnya terjadi secara tidak sengaja ketika beliau sedang bereksperimen dengan warna kain tenun khas Bali, atau kain endek.

Eksperimen ini dimulai di Gianyar, Bali, saat Pande Ketut Krisna bersama keluarganya mengembangkan kreasi kain endek yang saat itu hanya memiliki beberapa warna dasar seperti hitam-biru, hitam-hijau, dan cokelat. Dalam proses eksperimen celup benang tenun, beliau menemukan warna-warna baru dan gambar barong. Pada tahun 1969, desain motif baju barong yang kita kenal saat ini pun tercipta.

Proses Pembuatan Baju Barong Asli Bali

Baju barong Bali <b>(Instagram @bajubarongbali)</b> Baju barong Bali (Instagram @bajubarongbali)

Baju motif barong asli Bali semakin dikenal luas, terutama oleh wisatawan. Pande Ketut Krisna sengaja membuat desain gambar baju barong yang sederhana agar mudah dibuat, kecuali motif barong ketet (ket) yang lebih rumit.

Halaman
x|close