Posan Tobing Larang Penggunaan Lagu Ciptaannya Tanpa Izin

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Jun 2024, 20:54
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Posan Tobing Posan Tobing (Instagram @posantobing)

Ntvnews.id, Jakarta - Musisi, sekaligus pendiri band Kotak Haposan Harianto Tobing atau akrab disapa Posan Tobing menegaskan, siapapun yang menggunakan lagu ciptaannya tanpa izin akan dilaporkan ke Bareskrim Polri, terkhusus untuk Cella, Chua, dan Tantri Kotak. Lagu itu baik dikarang secara mandiri atau secara bersama-sama.

“Hari ini agendanya memberikan penegasan kepada setiap orang, siapapun yang menggunakan karya lagu ciptaan bersama maupun ciptaan sendiri juga ciptaan Pare yang sendiri," kata Posan Tobing kepada awak media saat konferensi pers pada Rabu, 26 Juni 2024.

"Terkhusus ini terkait Kotak, Cella, Chua, dan Tantri," imbuhnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NTV News (@ntvnews.id)

Ia mengaku bahwa Cella, Chua, dan Tantri Kotak masih sering menggunakan lagu ciptaan Posan di setiap konsernya. Posan juga mengatakan sudah pernah mengingatkan mereka agar meminta izin ketika manggung membawakan lagu ciptaannya, namun tidak pernah diindahkan.

"Saya sudah pernah memberikan penegasan kepada mereka, surat terbuka lah, bahwa mereka tidak boleh membawakan karya-karya saya lagi ternyata tidak diindahkan," ujarnya.

"Kita tegaskan lagi. Kali ini kalau tidak diindahkan lagi, kami akan laporkan siapapun yang menggunakan karya-karya saya yang sendiri maupun ciptaan bersama, yang menggunakan itu tanpa seizin dari saya, itu akan dilaporkan ke Bareskrim," tegasnya.

Posan Tobing mengatakan, jika ketiga personel Kotak aktif melanggar Pasal 9 UU Hak Cipta terkait izin membawakan karya ciptaan seseorang. Kali ini, ia menggandeng pengacara Minola Sebayang.

Halaman
x|close