Ntvnews.id, Jakarta- Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea (Menteri: Yu In Chon) bersama Korea Creative Content Agency (KOCCA President CEO: Jo Hyeon Rae) akan menggelar acara 'Ji Chang Wook Fansign Event in KOREA 360' di Main Atrium Pusat Promosi Kebudayaan Korea di Indonesia, KOREA 360, yang terletak di LOTTE Mall Jakarta pada tanggal 12 Mei 2024 mendatang.
Untuk merevitalisasi nilai ekspor bersama dari industri-industri yang berkaitan dengan K-Content, KOCCA membentuk sistem kerja sama antar lembaga pemerintah dan telah melaksanakan berbagai proyek dukungan seperti menggelar pameran K-Expo, membentuk Pusat Promosi Kebudayaan Korea di luar negeri (KOREA 360), dan menjalankan proyek Hallyu Marketing.
Secara khusus, proyek Hallyu Marketing dijalankan oleh beberapa lembaga terkait dengan mendukung pembuatan iklan penempatan produk atau PPL (Product Placement) serta konten promosi terhadap produk industri unggulan seperti makanan atau barang konsumsi di dalam K-Content yang memiliki popularitas tinggi di luar negeri.
Selain acara Fansign bersama aktor Ji Chang Wook, terdapat juga pameran produk dari berbagai industri yang didukung oleh proyek Hallyu Marketing pada iklan PPL K-Content, seperti produk olahan rumput laut dari Manjun Foods Co., Ltd., Sambuja Company Co., Ltd., dan Okra International Co., Ltd., produk kue beras atau tteokbokki dari Youngpoong Co., Ltd., produk sosis ikan dari Jinjuham Co., Ltd., produk jus olahan buah dari GOOD F&B, produk saus dari E&L International Co., dan lain sebagainya. Pameran ini diadakan untuk memberikan kesempatan promosi produk Korea kepada konsumen lokal yang datang mengunjungi area KOREA 360.
Rangkaian acara 'Ji Chang Wook Fansign Event in KOREA 360' akan dimulai dengan sesi konferensi pers. Ji Chang Wook akan hadir dan menjawab pertanyaan seputar tujuan kunjungannya ke KOREA 360 serta rencana aktivitas sang aktor di Indonesia.
Konferensi pers ini juga akan dihadiri oleh Regional Director KOCCA Indonesia, Kim Young Soo. Selanjutnya aktor Ji Chang Wook akan melakukan prosesi peletakan Handprinting miliknya di COLLECT Town KOREA 360. Secara total terdapat 138 cetakan tangan atau handprinting artis dan aktor Korea di area Pusat Promosi Kebudayaan Korea di Indonesia ini, termasuk handprinting aktor Ji Chang Wook.
Sebelum memulai sesi Fansign, aktor Ji Chang Wook akan menyapa penggemar yang hadir di Main Atrium KOREA 360 melalui mini quiz dan obrolan singkatseputar kabar terkininya. Sesi Fansign akan diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari tamu undangan dan penggemar yang telah menyelesaikan seluruh misi ‘K-Drama Product Hunt’ Challenge sebagaimana yang sudah di umumkan melalui akun Instagram @korea_360. Selain itu, KOREA 360 juga akan menyiapkan lebih dari 200 kursi eksklusif yang nantinya akan dipenuhi oleh penggemar terpilih yang sudah menyelesaikan misi yang sama.
Sekitar 3000 penggemar telah berpartisipasi dalam Challenge tersebut, hal ini menunjukkan minat yang besar dari penggemar Indonesia.KOCCA Indonesia berharap melalui acara ini dapat memberikan sedikit apresiasi kepada para pengunjung setia KOREA 360 sebagai Pusat Promosi Kebudayaan Korea di Indonesia, khususnya para penggemar hallyu yang mencintai serta mendukung konten Korea secara tulus.
KOREA 360, sebagai pusat promosi budaya Korea, didirikan untuk mendukung promosi dan ekspansi luar negeri konten hallyu dan industri Korea terkait. KOREA 360 telah beroperasi sejak Desember 2022 dengan dukungan dari kolaborasi 9 lembaga pemerintah termasuk Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center Indonesia, Korea Tourism Organization, Korea Trade-Investment Promotion Agency, Korea Agro?Fisheries & Food Trade Corporation, Korea International Trade Association, Korea Cosmetic Industry Institute, Korea Institute of Design Promotion, dan Korean Foundation for International Cultural Exchange.
Sebagai informasi, Korea Creative Content Agency (KOCCA Indonesia) merupakan lembaga dibawah Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea yang dibentuk untuk mendukung perkembangan konten kreatif Korea baik secara domestik maupun secara global.
Sejak menjadi cabang pertama di Asia Tenggara Oktober 2016, KOCCA Indonesia berperan dalam mempromosikan serta meningkatkan kerjasama industri kreatif Korea, seperti broadcasting, animasi & karakter, musik, fashion, komik, game & konten imersif, tidak hanya di Indonesia tapi juga Malaysia, Singapura, hingga Filipina.
Sementara itu, KOREA 360 sendiri merupakan area publikasi beragam produk Korea Selatan mulai dari K-pop, wisata, hingga produk kecantikan telah dibuka di LOTTE Mall Jakarta sejak Desember 2022.
Jakarta sebagai ibu kota Indonesia yang merupakan pusat dari ASEAN dan memiliki peminat yang tinggi terhadap Korea dipilih sebagai lokasi strategis untuk membuka jalan masuknya budaya Hallyu serta perusahan Korea ke wilayah ASEAN. KOREA 360 sejak hadirnya di Jakarta telah menyelenggarakan berbagai macam acara K-pop dan budaya Korea lainnya.
Hingga Desember 2023, KOREA 360 telah berhasi melaksanakan total 119 acara termasuk konser mini artis K-pop yang menarik perhatian sekitar 1,7 juta pengunjung secara total. Tidak hanya itu, terdapat 542 merek yang mewakili Korea dengan lebih dari 5000 jenis produk yang telah di pamerkan pada area publikasi ini.
KOREA 360 memiliki 12 zona untuk dinikmati oleh pengunjung yaitu, KOREA 360 ROAD, STAR 360, PHOTO 360 WITH K-STAR, KOREA 360 CAFE LOUNGE, KOREA 360 STAGE, STAR GALLERY, CONTENT Zone, ORGANIC Zone, LIVING & LIFESTYLE Zone, EATING Zone, CULTURE Zone, dan TOUR Zone.
Selain itu, ada juga fasilitas menarik yang bisa dinikmati gratis, diantaranya VIVID 360, 360 COIN Noraebang, K-pop Dance Zling, dan event KOREA 360 yang diadakan pada setiap bulannya.