6 Destinasi Wisata Tujuan Study Tour Saat Libur Sekolah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 15:59
Agus Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Candi Borobudur Candi Borobudur (Kemenparekraf)

Ntvnews.id, Jakarta - Dari akhir bulan Juni hingga pertengahan Juli 2024, banyak sekolah memasuki masa pengambilan rapor dan kenaikan tingkat, yang bertepatan dengan musim liburan sekolah di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Dengan kata lain, ini adalah momen yang tepat untuk melakukan perjalanan karya wisata atau study tour guna mengisi waktu luang saat liburan sekolah.

Study tour adalah perjalanan wisata edukasi yang sering dilakukan sekolah untuk melihat proses pembelajaran secara langsung. Dengan demikian, para siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga dapat mempraktikkan atau melihat langsung apa yang telah dipelajari di kelas.

Di Indonesia, study tour atau perjalanan wisata edukasi ini dilakukan dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah, seperti wisata sejarah, budaya, hingga sains. Menariknya, setiap daerah memiliki beragam daya tarik wisata yang bisa dijadikan tujuan study tour.

Dikutip dari website resmi Kemenparekraf, berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Indonesia yang cocok untuk dijadikan tujuan study tour atau karya wisata edukasi saat liburan sekolah:

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha <b>(Google/Aji Wahyu)</b> Observatorium Bosscha (Google/Aji Wahyu)

Sebagai destinasi wisata edukasi yang cocok untuk study tour, Observatorium Bosscha layak masuk dalam daftar. Observatorium tertua di Indonesia ini terletak di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Bandung. Bosscha menawarkan berbagai sarana edukasi yang mendukung kegiatan study tour, terutama yang berkaitan dengan sains seperti astronomi dan antariksa. Mulai dari pengamatan bintang, gerhana, hingga penggunaan teleskop.

Halaman
x|close