Hukum Shalat Jumat dan Syarat Wajibnya yang Patut Diketahui

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jul 2024, 08:05
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi sedang shalat Ilustrasi sedang shalat (Freepik/ rawpixel.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Shalat Jumat merupakan salah satu ibadah pokok dalam agama Islam, wajib dilaksanakan oleh kaum laki-laki muslim yang telah memenuhi syarat tertentu.

Tidak hanya sebagai kewajiban syariat, tetapi juga sebagai momen yang memperkuat persatuan dan kesadaran kolektif umat Muslim.

Perintah wajib shalat Jumat ini terdapat dalam Al Qur'an surat Al-Jumu'ah ayat 9.

Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumu'ah:9)

Syarat Wajib Shalat Jumat

Jemaah Muslimin solat idu adha <b>(instagram)</b> Jemaah Muslimin solat idu adha (instagram)

Shalat Jumat merupakan ibadah wajib bagi kaum muslim laki-laki yang telah memenuhi syarat tertentu. Di balik kewajiban ini, terdapat hikmah dan keutamaan yang besar bagi umat Islam.

Baca Juga: 

Memahami Hukum Bacaan Ra dalam Tajwid: Panduan Lengkap untuk Pembaca Al-Qur'an

Namun, tidak semua muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jumat. Berikut ini adalah syarat wajib shalat Jumat yang harus dipenuhi:

1. Islam

Syarat pertama dan utama adalah beragama Islam. Shalat Jumat hanya diwajibkan bagi umat Islam laki-laki yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan beriman terhadap Allah SWT.

2. Baligh

Seseorang diwajibkan shalat Jumat setelah mencapai usia baligh. Tanda baligh bagi laki-laki adalah keluarnya air mani, mimpi basah, tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan, atau mencapai usia 15 tahun.

3. Berakal

Seseorang diwajibkan shalat Jumat jika berakal sehat. Orang gila atau orang yang tidak waras tidak diwajibkan.

4. Laki-laki

Shalat Jumat hanya diwajibkan bagi laki-laki muslim. Perempuan, anak kecil, dan orang tua renta tidak diwajibkan shalat Jumat, namun tetap dianjurkan untuk melakukannya.

5. Sehat

Seseorang diwajibkan shalat Jumat jika dalam keadaan sehat. Orang sakit yang tidak mampu untuk melaksanakan tidak diwajibkan untuk melakukannya.

 

x|close