5 Cara Membuat Bakso yang Enak dan Mudah, dari Isian Sapi hingga Udang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jul 2024, 07:05
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Mie Bakso Ilustrasi Mie Bakso (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Bakso merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia yang memiliki rasa gurih dan kenyal. Proses pembuatan bakso tergolong cukup sederhana namun membutuhkan sedikit keterampilan. Dengan bahan-bahan utama seperti daging sapi, tepung sagu, dan bumbu-bumbu lainnya, Anda dapat mencoba membuat bakso sendiri di rumah. Berikut adalah 5 cara membuat bakso dengan berbagai varian yang bisa Anda coba.

1. Bakso Sapi Kenyal

Ilustrasi Mie Bakso <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Mie Bakso (Pixabay)

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat bakso sapi kenyal adalah daging sapi giling dan tepung sagu. Campurkan daging sapi giling dengan tepung sagu hingga tercampur merata. Tambahkan bumbu seperti bawang putih, merica, garam, dan kaldu bubuk sesuai selera. Setelah adonan tercampur rata, bulatkan adonan menjadi bakso-bakso kecil. Rebus bakso dalam air mendidih hingga mengapung, lalu angkat dan tiriskan.

2. Bakso Ayam Pedas

Untuk membuat bakso ayam pedas, gunakan daging ayam yang sudah digiling halus. Tambahkan tepung sagu, bawang putih, garam, merica, dan daun bawang cincang ke dalam adonan daging ayam. Uleni adonan hingga merata dan bulatkan adonan menjadi bakso. Rebus bakso dalam air mendidih hingga matang, lalu sajikan dengan kuah pedas sesuai selera.

3. Bakso Ikan Tenggiri

Ilustrasi Mie Bakso/Baso <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Mie Bakso/Baso (Pixabay)

Bakso ikan tenggiri memiliki cita rasa yang lezat dan cocok untuk Anda yang menginginkan variasi bakso yang berbeda. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling dengan tepung sagu, bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa. Bentuk adonan menjadi bakso bulat dan rebus dalam air mendidih hingga matang. Sajikan bakso ikan tenggiri dengan kuah bening dan pelengkap seperti bihun atau sayuran.

4. Bakso Keju Dalam Kornet

Bakso keju dalam kornet merupakan varian bakso yang unik dan lezat. Campurkan daging sapi giling dengan tepung sagu, bawang putih, garam, dan merica hingga tercampur rata. Ambil sepotong kornet dan isi bagian tengahnya dengan potongan keju. Bulatkan adonan bakso dan letakkan di tengah kornet yang sudah diisi keju. Rebus dalam air mendidih hingga matang, lalu sajikan bakso keju dalam kornet hangat.

5. Bakso Udang Saus Tiram

Ilustrasi Mie Bakso <b>(Instagram)</b> Ilustrasi Mie Bakso (Instagram)

Jika Anda menginginkan bakso dengan rasa yang berbeda, coba buat bakso udang saus tiram. Haluskan daging udang segar dan tambahkan tepung sagu, bawang putih, garam, merica, dan saus tiram ke dalam adonan. Bentuk adonan menjadi bakso-bakso kecil dan rebus dalam kuah kaldu udang atau saus tiram hingga matang. Sajikan bakso udang saus tiram panas sebagai menu spesial di meja makan Anda.

Halaman
x|close