Gus Baha Sebut Kiamat Tidak Akan Terjadi Selagi Masih Hidup 3 Hewan Ini, Apa Saja?

NTVNews - 7 Mei 2024, 11:53
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ulama Ahli Tafsir Gus Baha Ulama Ahli Tafsir Gus Baha (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Kiamat merupakan sebuah peristiwa yang akan dijalani oleh semua umat manusia di alam semesta. Kiamat juga dikenal sebagai hari akhir yang memiliki sisi misterius dan kengerian, terutama yang dijelaskan dalam ajaran agama Islam

Dalam sebuah pembahasan ulama kharismatik KH Ahmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha yang kerap menjadi panutan, baru-baru ini membahas soal kedatangan hari kiamat. Menurut dia, kiamat atau hari akhir ini masih jauh apabila masih ada tiga jenis hewan ini di dunia. 

Ulama ahli tafsir tersebut menjelaskan bahwa tidak akan datang hari kiamat jika ketiga jenis hewan ini masih ditemukan di muka bumi karena mereka menjadi penghambat kiamat. Ia juga menegaskan bahwa kiamat masih jauh jika dihubungkan dengan sesuatu belakangan ini. 

  Ilustrasi Kiamat <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Kiamat (Pixabay)

“Kiamat masih belum akan terjadi jika masih ada 3 jenis hewan berikut ini di muka bumi. Selama Allah masih menciptakan hewan yang bisa dimakan manusia. Itu berarti Allah masih ingin manusia hidup,” kata Gus Baha dilansir dari kanal YouTube Santri Gayeng. 

Menurut ulama asal Rembang itu, dalam ilmu fiqih sendiri tiga hewan yang dimaksud akan menghambat kemunculan hari kiamat adalah unta, sapi, dan kambing. Oleh karena itu, Allah SWT masih menginginkan manusia untuk hidup di dunia dan tak ingin menyiksa. 

“Selama masih ada dabbah, yakni hewan apa saja yang menjadi sumber energi manusia. Itu berarti Allah masih belum ingin menyiksa manusia (kiamat),” kata ahli Al-Qur'an tersebut.

Halaman
x|close