Cara Membuat Nasi Uduk yang Lezat dan Mudah, Cocok Jadi Menu Sarapan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Jul 2024, 06:05
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Nasi Uduk Nasi Uduk (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Nasi uduk biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, tempe orek, telur dadar, dan sambal. Makanan ini sering dijadikan pilihan untuk sarapan atau makan malam karena rasanya yang gurih dan aromanya yang harum.

Asal Usul Nasi Uduk

Asal usul nasi uduk dapat ditelusuri dari sejarah Betawi, yakni suku asli Jakarta. Nasi uduk memiliki kemiripan dengan nasi kebuli karena keduanya menggunakan santan sebagai bahan utama. Dahulu, nasi uduk disajikan sebagai makanan pemberian untuk para pejuang yang sedang berperang.

Bahan-Bahan

Nasi Uduk <b>(YouTube)</b> Nasi Uduk (YouTube)

Untuk membuat nasi uduk, Anda memerlukan bahan-bahan seperti beras, santan, daun salam, serai, jahe, garam, dan bumbu lain sesuai selera. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pelengkap lain seperti telur dadar, ayam goreng, tempe orek, dan sambal.

Cara Memasak

Langkah pertama dalam membuat nasi uduk adalah mencuci beras hingga bersih. Kemudian tambahkan santan, daun salam, serai, jahe, garam, dan bumbu lain ke dalam beras. Setelah itu, masak beras dengan santan hingga matang dan harum. Sajikan nasi uduk dengan lauk pauk dan sambal untuk hasil yang lezat.

Variasi Nasi Uduk

Seiring perkembangan zaman, nasi uduk juga mengalami berbagai inovasi dan variasi. Anda dapat menambahkan topping seperti ayam geprek, kerupuk, tahu goreng, atau olahan daging lainnya untuk menambahkan cita rasa yang berbeda. Beberapa warung makan dan restoran juga menawarkan nasi uduk dengan beragam pilihan lauk sesuai selera.

 

Halaman
x|close