Mengenal Berbagai Macam Obat untuk Mengatasi Sakit Gigi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jul 2024, 18:06
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi sakit gigi Ilustrasi sakit gigi (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Sakit gigi dapat menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan menyakitkan bagi siapa pun. Beruntungnya, ada berbagai jenis obat yang dapat membantu meredakan nyeri dan mengatasi masalah kesehatan gigi dengan efektif.

Berikut berbagai macam obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi:

1. Analgesik (Obat Pereda Nyeri)

Analgesik adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri, termasuk sakit gigi. Beberapa contoh analgesik yang umum digunakan adalah Parasetamol dan Ibuprofen.

Parasetamol merupakan obat efektif untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Parasetamol bekerja dengan mengurangi produksi senyawa kimia dalam tubuh yang menyebabkan rasa sakit.

Sedangkan Ibuprofen merupakan jenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang tidak hanya meredakan nyeri tetapi juga mengurangi peradangan di sekitar gigi yang sakit. Ibuprofen biasanya memberikan efek yang lebih kuat dalam meredakan nyeri dibanding parasetamol.

2. Obat Keras (Resep Dokter)

Ketika sakit gigi disebabkan oleh infeksi atau kondisi yang lebih serius, dokter gigi atau dokter umum dapat meresepkan obat-obatan tertentu, seperti Antibiotik dan Obat antiinflamasi.

Halaman
x|close