Penderita Diabetes Jangan Konsumsi Minuman Ini, Bahaya!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jul 2024, 02:05
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi sebuah minuman segar Ilustrasi sebuah minuman segar (Instagram/@minumansegar_enak)

Ntvnews.id, Jakarta - Bagi penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan serta minuman. Hal itu demi menjaga Kesehatan.

Ada beberapa minuman yang dilarang untuk penderita diabetes. Sayangnya, minuman-minuman ini banyak disukai, misalnya soda, minuman kemasan, dan teh susu boba. Nah, meski penderita diabetes sebaiknya mengurangi konsumsi minuman ini, ada kok berbagai minuman lain yang bisa menggantikannya melepas dahaga kita dengan nikmat.

Dikutip dari alodokter, Umumnya, makanan atau minuman yang dilarang untuk penderita diabetes adalah yang tinggi kandungan gula atau yang mengandung pemanis tambahan berlebihan. Hal ini karena gula dalam minuman tersebut bisa terlalu cepat terserap ke aliran darah, sehingga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.


1. Minuman bersoda
Soda adalah minuman yang sebaiknya paling dihindari saat seseorang menderita diabetes. Sebab, minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk diabetes.

Tidak cuma itu, minuman bersoda juga bisa menambah berat badan dan merusak gigi, lho. Kalau pun ingin mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya pilih yang tanpa gula.

2. Minuman energi
Minuman energi terbukti bisa membuat kadar gula darah seseorang melonjak. Hal ini karena minuman energi tinggi akan gula dan karbohidrat yang akan membuat kadar gula darah cepat meningkat.

Selain karbohidrat, minuman energi juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan gejala gugup serta sulit tidur, lho.

Halaman
x|close