10 Hal yang Membuat Introvert Merasa Lelah, Menurut Psikologi

NTVNews - 8 Mei 2024, 10:55
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi introvert Ilustrasi introvert (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Introversi, sebuah ciri kepribadian yang ditandai oleh preferensi terhadap kesendirian dan refleksi batin, seringkali disalahpahami. Meskipun introvert menikmati interaksi sosial, beberapa situasi dan pengalaman dapat membuat mereka merasa lelah dan kewalahan. Berdasarkan penelitian dan wawasan psikologis, ini sepuluh hal yang membuat introvert merasa Lelah, dikutip dari New Trader U.

1. Obrolan Kecil dan Percakapan Superfisial

Introvert seringkali merasa lelah dengan obrolan kecil dan percakapan superfisial secara mental. Mereka lebih suka diskusi yang dalam dan bermakna yang memungkinkan mereka untuk terhubung dengan orang lain secara lebih mendalam. Terlibat dalam obrolan ringan tentang cuaca, olahraga, atau gosip selebriti bisa terasa seperti pemborosan energi bagi introvert, yang lebih memilih untuk mendiskusikan ide, emosi, dan pengalaman dengan lebih signifikan.

2. Pertemuan Sosial Besar dan Pesta

Menghadiri pertemuan sosial besar dan pesta bisa sangat membingungkan bagi introvert karena overstimulasi dan kelebihan sensorik. Kombinasi musik keras, lampu terang, dan sekumpulan wajah yang tidak dikenal dengan cepat dapat menguras cadangan energi seorang introvert. Setelah acara tersebut, introvert seringkali membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi dan memproses pengalaman tersebut.

3. Proyek Kelompok dan Kerja Tim

Meskipun introvert bisa menjadi pemain tim yang luar biasa, mereka mungkin merasa lelah dengan proyek kelompok dan kerja tim. Kebutuhan konstan akan komunikasi, kolaborasi, dan kompromi bisa melelahkan secara mental dan emosional. Introvert seringkali lebih suka bekerja secara independen, memungkinkan mereka untuk fokus secara intensif dan bekerja dengan kecepatan mereka sendiri tanpa gangguan dan tuntutan dari pengaturan kelompok.

Halaman
x|close