5 Manfaat Tak Terduga Sayur Sawi untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Jul 2024, 17:16
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sayur Sawi Putih Sayur Sawi Putih (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Sayur sawi, salah satu sayuran hijau yang sering ditemukan dalam masakan Asia, memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut adalah lima manfaat tak terduga dari sayur sawi yang perlu kamu ketahui:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi sakit jantung <b>(Pixabay/ Tumisu)</b> Ilustrasi sakit jantung (Pixabay/ Tumisu)

Sawi kaya akan vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan jantung. Vitamin K membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan serat dalam sawi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga mendukung kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Sawi mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi sawi secara rutin, kamu dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Ilustrasi diet/berat badan. <b>(Freepik)</b> Ilustrasi diet/berat badan. (Freepik)

Dengan kandungan kalori yang rendah namun kaya akan serat, sawi dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama tanpa menambah banyak kalori. Serat dalam sawi juga membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, sehingga mendukung upaya penurunan berat badan secara sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sawi mengandung vitamin A dan beta-karoten yang tinggi, dua nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga penglihatan yang baik, terutama dalam kondisi cahaya redup, serta membantu mencegah degenerasi makula dan katarak seiring bertambahnya usia.

Halaman
x|close