4 Efek Buruk Kecanduan Sosial Media, Bisa Pengaruhi Interaksi Sosial di Dunia Nyata

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Jul 2024, 06:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
ponsel Android ponsel Android

Ntvnews.id, Jakarta - Sosial media telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Meskipun menawarkan berbagai manfaat, seperti konektivitas global dan akses informasi yang cepat, penggunaan berlebihan sosial media dapat membawa dampak negatif yang signifikan. Berikut adalah empat efek buruk kecanduan sosial media. 

  1. Menurunnya Kesehatan Mental

Ilustrasi ponsel (Freepik) <b>(Freepik )</b> Ilustrasi ponsel (Freepik) (Freepik )

Penggunaan sosial media yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecanduan sosial media dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan stres. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

  1. Menurunnya Kualitas Tidur

Ilustrasi Anak Bermain Handphone Ponsel <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Anak Bermain Handphone Ponsel (Pixabay)

Banyak orang menghabiskan waktu di sosial media sebelum tidur, yang dapat mengganggu pola tidur mereka. Cahaya biru dari layar perangkat elektronik dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Akibatnya, seseorang mungkin mengalami kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. 

  1. Menurunnya Interaksi Sosial di Dunia Nyata

Ilustrasi Bermain Ponsel <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Bermain Ponsel (Pixabay)

Meskipun sosial media memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, penggunaan berlebihan dapat mengurangi kualitas interaksi sosial di dunia nyata. Beberapa dampaknya seperti isolasi sosial karena terlalu banyak dihabiskan di dunia maya dan keterampilan sosial karena ketergantungan dengan komunikasi digital

Halaman
x|close