PM Bangadesh Mundur! Militer Ambil Alih Pemerintahan Sementara

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Agu 2024, 21:30
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina (Istimewa)

Ntvnews.id, Dhaka - Panglima militer Bangladesh, Waker-Uz-Zaman, menyatakan bahwa ia akan "membentuk pemerintahan sementara" setelah perdana menteri mengundurkan diri dan meninggalkan Dhaka, ibu kota Bangladesh, di tengah gelombang protes massa yang luar biasa.

"Saya bertanggung jawab penuh," ujar jenderal tersebut, yang mengenakan seragam militer dan topi, meskipun belum jelas apakah ia akan memimpin pemerintahan sementara, dilansir dari Ap, Senin, 5 Agustus 2024.

"Kami akan membentuk pemerintahan sementara," kata Waker dalam siaran nasional di televisi pemerintah, sambil mengonfirmasi bahwa Perdana Menteri Sheikh Hasina telah mengundurkan diri.

"Negara ini telah menderita banyak, ekonomi terpukul, dan banyak nyawa telah hilang -- ini saatnya untuk menghentikan kekerasan," tambahnya.

Baca Juga: 98 Orang Tewas Akibat Bentrokan di Bangladesh, Pemerintah Minta Warga India Berhati-hati

"Saya berharap setelah pidato saya, situasinya akan membaik," lanjutnya.

Dia menyatakan akan berbicara dengan presiden untuk membentuk pemerintahan sementara dan telah melakukan diskusi dengan partai-partai oposisi utama serta anggota masyarakat sipil, namun tidak dengan Liga Awami yang dipimpin oleh Hasina.

Halaman
x|close