Usai PM Bangladesh Kabur, Demonstran Langsung Serbu Istana

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Agu 2024, 21:31
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kekisruhan di Bangladesh Kekisruhan di Bangladesh (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Ribuan pengunjuk rasa di Bangladesh menyerbu kediaman Perdana Menteri (PM) Sheikh Hasina di Dhaka, ibu kota Bangladesh, pada Senin, 5 Agustus 2024. Hasina dilaporkan telah meninggalkan kediamannya, melarikan diri dari para demonstran yang menuntut pengunduran dirinya.

Dilansir dari reuters, tayangan televisi lokal Channel 24 memperlihatkan kerumunan orang berlari menuju kediaman resmi PM di Dhaka, sambil melambaikan tangan ke arah kamera sebagai bentuk perayaan atas pelarian Hasina.

Beberapa tayangan televisi lokal Bangladesh menunjukkan momen ketika demonstran memasuki istana yang sebelumnya ditempati Hasina, merusak perabotan, menghancurkan panel kaca pintu, serta mengambil buku dan barang-barang lainnya, termasuk seekor ayam hidup.

"Saya berada di dalam Istana Ganabhaban. Ada lebih dari 1.500 orang di dalamnya. Mereka merusak perabotan dan memecahkan kaca," ujar salah satu jurnalis Bangladesh, Yeasir Arafat, kepada AFP.

Baca Juga: 98 Orang Tewas Akibat Bentrokan di Bangladesh, Pemerintah Minta Warga India Berhati-hati

Sebelumnya, seorang sumber yang dekat dengan Perdana Menteri (PM) Sheikh Hasina menyampaikan kepada AFP bahwa PM berusia 76 tahun tersebut telah meninggalkan Dhaka bersama saudara perempuannya menuju "tempat yang lebih aman." Sumber tersebut juga menyebut bahwa Hasina "berniat merekam pidato, tetapi tidak sempat melakukannya."

Surat kabar Prothom Alo juga melaporkan bahwa Hasina telah meninggalkan ibu kota Bangladesh.

Halaman
x|close