Presiden Bangladesh Bebaskan Pemimpin Oposisi Khaleda Zia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Agu 2024, 09:39
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kekisruhan di Bangladesh Kekisruhan di Bangladesh (Istimewa)

Ntvnews.id, Dhaka - Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin memerintahkan pembebasan pemimpin oposisi Khaleda Zia hanya beberapa jam setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina meninggalkan negara tersebut di tengah gelombang aksi protes pada Senin, 5 Agustus 2024 malam.

Dilansir dari Anadolu, Selasa, 6 Agustus 2024, dalam pernyataan dari kantor Presiden, disebutkan bahwa seluruh partai politik telah sepakat untuk membubarkan parlemen guna membentuk pemerintahan transisi, seperti yang diumumkan sebelumnya oleh Panglima Militer Jenderal Waker-uz-Zaman.

Keputusan ini diambil setelah para pemimpin partai oposisi, termasuk Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) dan Jamaat-e-Islami, bertemu dengan Presiden.

Baca Juga: PM Sheikh Hasina Hanya Diberi Waktu 45 Menit untuk Meninggalkan Bangladesh

Khaleda Zia, yang menjabat sebagai ketua BNP dan pernah dua kali menjadi perdana menteri Bangladesh (1991-1996 dan 2001-2006), telah ditahan sejak 2018.

Selain itu, diumumkan bahwa semua pengunjuk rasa yang ditahan selama aksi protes mahasiswa akan dibebaskan, sementara panglima militer berjanji untuk menyelidiki kematian para pengunjuk rasa yang baru-baru ini terjadi.

Dalam pernyataan militer, disampaikan bahwa semua kantor akan dibuka kembali mulai Selasa, setelah beberapa pekan demonstrasi kekerasan yang mengakibatkan sekitar 300 mahasiswa tewas.

Halaman
x|close