Profil Yahya Sinwar, Pemimpin Baru Hamas yan Tak Terduga

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Agu 2024, 11:12
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Yahya Sinwar Yahya Sinwar (Istimewa)

Ntvnews.id, Yerusalem - Hamas menunjuk Yahya Sinwar sebagai pemimpin politik baru, menggantikan Ismail Haniyeh yang dilaporkan tewas di Teheran.

Dilansi dari Al Arabiya, Rabu, 7 Agustsu 2024, , militer dan pejabat Israel menuduh Sinwar sebagai salah satu otak di balik serangan 7 Oktober terhadap Israel, menjadikannya salah satu militan yang paling diburu di Israel. Berikut Profilnya:

Profil Yahya Sinwar 

Sinwar lahir di kamp pengungsi Khan Younis di Gaza selatan. Sinwar bergabung dengan Hamas ketika Sheikh Ahmad Yassin mendirikan kelompok tersebut sekitar waktu intifada Palestina pertama dimulai pada tahun 1987.

Baca Juga: Yahya Sinwar Ditunjuk Jadi Pemimpin Hamas Setelah Pembunuhan Ismail Haniyeh 

Sinwar mendirikan aparat keamanan internal kelompok tersebut pada tahun berikutnya dan kemudian memimpin unit intelijen yang didedikasikan untuk mengusir dan menghukum tanpa ampun --terkadang membunuh-- warga Palestina yang dituduh memberikan informasi kepada Israel.

Sinwar merupakan lulusan Universitas Islam di Gaza. Ia mempelajari bahasa Ibrani dengan sempurna selama 23 tahun di penjara Israel dan disebut memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya dan masyarakat Israel.

Sinwar menjalani empat hukuman seumur hidup atas pembunuhan dua tentara Israel, ketika ia menjadi yang paling senior dari 1.027 warga Palestina yang dibebaskan sebagai ganti tentara Israel Gilad Shalit pada tahun 2011.

Baca Juga: Jusuf Kalla Terbang ke Qatar Hadiri Pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Sinwar kemudian menjadi komandan senior di Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, sebelum mengambil alih kepemimpinan keseluruhan gerakan di Gaza.

Sementara pendahulunya, Haniyeh, telah mendorong upaya Hamas untuk menampilkan wajah moderat kepada dunia, Sinwar lebih suka memaksakan masalah Palestina ke depan dengan cara yang lebih keras.

Halaman
x|close