Ibu Kota Nusantara sebagai Kota Unik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Agu 2024, 12:42
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Joko Widodo dan rombongan meninjau area Istana Presiden di IKN, Rabu (5/6/2024). Presiden Joko Widodo dan rombongan meninjau area Istana Presiden di IKN, Rabu (5/6/2024). (Dok.Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Selamat datang di dunia keajaiban dan keunikan! di Desa Panajam, Kalimantan Timur. Kawasan hutan yang menjadi paru-paru dunia sedang diubah menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN), yang akan berperan penting dalam melestarikan ekosistem bumi, di samping secara evolusi akan menjadi pusat kegiatan politik, ekonomi, dan sosial di Indonesia.

Namun, IKN menjadi topik hangat yang mendapat perhatian dari sejumlah pihak, khususnya masalah pembebasan lahan, investasi ataupun masalah sosial.

Baca juga:

Profil Tim Walz, Wakil Kamala Harris di Pilpres AS 2024 Ternyata Eks Guru Geografi

Resmi Dilantik, Destry Damayanti Kembali Jabat Deputi Gubernur Senior BI Periode 2024-2029

Kota ini bukan sekadar kumpulan beton dan gedung tinggi yang menjulang ke langit, melainkan oasis hijau 

Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.  <b>(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom)</b> Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom)

di tengah hiruk-pikuk perkotaan. IKN dikenal sebagai ”kota hutan” karena perannya yang vital dalam menjaga paru-paru dunia. Kelebihan IKN sebagai ibu kota merupakan topik yang menarik. Salah satunya adalah meningkatkan daya tarik negara di mata internasional, menurut Pilka & Sluka (2019).

Halaman
x|close