Rumah Sehat BAZNAS Berikan Program Kesehatan Berkualitas bagi Mustahik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 09:12
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pimpinan BAZNAS RI Prof. Nadratuzzaman Pimpinan BAZNAS RI Prof. Nadratuzzaman (Dok. Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melalui program Rumah Sehat BAZNAS (RSB) memberikan berbagai program kesehatan berkualitas bagi mustahik, yang meliputi program layanan dalam gedung maupun layanan luar gedung. 

Hal tersebut mengemuka pada Pengajian Berbagi Ilmu Berbagi Pengalaman yang mengangkat tema "Peran Dan Kiprah Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Dalam Melayani Kesehatan Mustahik", diselenggarakan Pusdiklat BAZNAS dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube BAZNAS RI, Selasa (6/8/2024). Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional Prof. Ir. H.M. Nadratuzzaman Hosen, M.S, M.Sc, PhD, bersama Kepala Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta dr. Dina Arisonaningtyas, MPH. FISQua. 

"Rumah Sehat BAZNAS adalah salah satu program unggulan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang salah satu tugasnya adalah memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan," ujar Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional Prof. Ir. H.M. Nadratuzzaman Hosen, M.S, M.Sc, PhD.

Pimpinan BAZNAS RI Prof. Nadratuzzaman <b>(Dok. Istimewa)</b> Pimpinan BAZNAS RI Prof. Nadratuzzaman (Dok. Istimewa)

Adapun menurut Prof Nadra, berbagai layanan yang disediakan oleh RSB, utamanya layanan di luar gedung diutamakan pada kegiatan promotif dan preventif sedangkan kuratif lebih banyak di dalam gedung. RSB juga melakukan program  kesehatan nasional yg dibiayai Dinas Kesehatan dan pemerintah. 

Prof. Nadra menyampaikan harapannya agar BAZNAS di seluruh Indonesia memiliki program Rumah Sehat BAZNAS. "Jadi minimal di satu kabupaten/kota itu ada satu RSB, skemanya bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah, mitra, maupun para stakeholder."

Menurutnya, program kesehatan itu penting, karena orang yang tidak sehat tentu tidak bisa produktif. "Melalui Rumah Sehat BAZNAS ini kami harapkan para mustahik bisa sehat, dan sehingga para mustahik bisa produktif. Aspek Kesehatan ini juga sangat penting karena bagian dari kesejahteraan bagi manusia," jelas prof. Nadra. 

Halaman
x|close