Gempa 7.1 Magnitudo Guncang Jepang, Peringatan Tsunami Ditetapkan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 19:29
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Gempa magnitudo 7.1 mengguncang wilayah timur Miyazaki, Kyushu, Jepang Gempa magnitudo 7.1 mengguncang wilayah timur Miyazaki, Kyushu, Jepang (BMKG)

Ntvnews.id, Jepang - Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7.1 mengguncang wilayah timur Miyazaki, Kyushu, Jepang pada hari Kamis, 8 Agustus 2024 pukul 16:42:57 waktu setempat.

Dilansir melalui unggahan media sosial, gempa ini berpusat sekitar 20 kilometer timur laut Nichinan dengan kedalaman 25 kilometer. Guncangan gempa ini sangat terasa di beberapa wilayah seperti Miyazaki, Nichinan, Kanoya, Kagoshima, Soo-Shi, Miyakonojo, dan Saito dengan intensitas maksimum VII pada skala Mercalli Modified Intensity (MMI).

Baca Juga:

Revisi Undang-Undang K3 Patut Didukung Semua Pihak

Polisi Tetapkan Tersangka ke Pemilik Daycare di Pekanbaru atas Kasus Penganiayaan Anak

Menyusul terjadinya gempa besar ini, Badan Meteorologi Jepang segera mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir pantai Kagoshima, Miyazaki, Oita, Ehime, Kochi, Tokushima, dan Wakayama. Diperkirakan tinggi gelombang tsunami bisa mencapai 1 meter.

Sebelumnya diketahui, Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah kawasan yang sangat aktif secara geologis. Letaknya yang berada di pertemuan beberapa lempeng tektonik membuat negara ini sering mengalami gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

Halaman
x|close