Ini Alasan Israel Tiba-tiba Usir jajaran Diplomat Norwegia Dinegaranya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Agu 2024, 06:15
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Krisis di Israel Krisis di Israel (Istimewa)

Ntvnews.id, Terl Aviv - Otoritas Israel secara mendadak mencabut akreditasi delapan diplomat Norwegia, yang semakin memperburuk hubungan kedua negara setelah Oslo mengakui negara Palestina pada Mei lalu.

Pemerintah Norwegia merespons keras tindakan ini, menyebut Tel Aviv telah mengambil "langkah ekstrem," seperti dilaporkan oleh politico.eu dan Reuters, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengumumkan pada Kamis, 8 Agustus waktu setempat bahwa dirinya mencabut akreditasi delapan diplomat Norwegia yang bekerja di kantor perwakilan Oslo untuk Otoritas Palestina.

Baca Juga: Viral Video Tentara Israel Lecehkan Tahanan Palestina, AS Desak Ini

Katz menjelaskan bahwa keputusan ini merupakan tanggapan atas apa yang ia sebut sebagai perilaku anti-Israel dari Norwegia, termasuk pengakuan Norwegia terhadap negara Palestina.

"Norwegia menerapkan kebijakan sepihak terkait masalah Palestina, sehingga mereka akan dikeluarkan dari urusan Palestina," ucap Katz dalam pernyataannya. Dia juga menuduh Norwegia memberikan dukungan kepada Hamas dengan mengakui negara Palestina.

Konflik antara Tel Aviv dan Oslo juga berkaitan dengan kasus di Mahkamah Pidana Internasional (ICC) terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan tiga pemimpin senior Hamas.

Halaman
x|close