747 TNI-Polri Kawal Kirab Bendera Pusaka dari Istana Negara ke Halim, Mau Dibawa Terbang ke IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Agu 2024, 08:51
Siti Ruqoyah
Penulis & Editor
Bagikan
Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan ratusan personel gabungan dikerahkan untuk kawal kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi dari Istana Negara ke Bandara Halim Perdanakusuma sebagai rangkaian persiapan peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Untuk pengamanan acara kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi ini dari Istana ke Halim Perdanakusuma kita melibatkan sejumlah 747 personel gabungan," kata Kombes Susatyo  di Jakarta, Sabtu dikutip Antara.

Kombes Susatyo menjelaskan, personel gabungan tersebut berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait. Personel ditempatkan di sejumlah titik sekitar Gambir dan Menteng.

Baca juga: Ada Kirab Bendera Pusaka di Jakarta, Hindari Jalan Ini Kalau Gak Mau Kena Macet

Selain itu, pengamanan juga dilakukan  dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan ketertiban selama kirab berlangsung. Sedangkan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas, Istana Negara hingga ke Halim Perdanakusuma dan beberapa lokasi lain bersifat situasional.

"Kirab dari Istana Negara sampai Halim Perdanakusuma ini nanti kalau sudah mulai, dari Harmoni, jalan depan Istana juga dialihkan sampai Merdeka Barat terus sampai Patung Kuda, Sarinah, HI pas kirab berlangsung itu dialihkan," katanya

Intinya, kata dia, saat kirab berlangsung maka arus lalu lintas dari Patung Kuda sampai Halim dialihkan. "Situasional," kata Susatyo.

Halaman
x|close