Kirab Bendera Pusaka dari Jakarta ke IKN Ternyata Pertama dalam Sejarah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Agu 2024, 10:42
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kirab Bendera Kirab Bendera (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Sekretariat Presiden (Setpres) menyampaikan bahwa duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih bersama teks proklamasi akan dikirimkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, melalui prosesi kirab pada Sabtu, 10 Agustus 2024 dari Jakarta.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, di Jakarta pada Jumat, menjelaskan bahwa prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa pukul 08.00 WIB dari Monumen Nasional, Jakarta ke IKN melalui pelaksanaan kirab," ujarnya.

Baca Juga: Ini 2 Sosok Pemangku Bendera dan Teks Proklamasi dalam Prosesi Kirab

Ia menjelaskan bahwa prosesi kirab akan dimulai dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang berada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional, dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan membawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Kalimantan Tengah, sedangkan yang akan membawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Sumatera Selatan.

Selanjutnya, Yusuf menyebutkan bahwa bendera dan teks proklamasi tersebut akan diangkut menggunakan kendaraan taktis (rantis) “Maung” dengan iring-iringan yang melibatkan Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, serta marching band.

Halaman
x|close