Sosok Komjen Setyo Budianto, eks Penyidik KPK yang Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang 3 di 2024

NTVNews - 10 Mei 2024, 13:58
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Komjen Pol Setyo Budianto Komjen Pol Setyo Budianto (Tangkapan Layar: YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Baru-baru ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di Institusi Polri. Salah satu perwira tinggi (pati) yang mengalami kenaikan pangkat karena mendapatkan jabatan baru pada 2024 adalah Irjen Pol Setyo Budianto. 

Ia yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Itwasum Polri ini mendapatkan promosi jabatan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Dengan jabatan ini, maka pangkat Setyo Budianto naik menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi

Kenaikan pangkat yang didapat Setyo Budianto diketahui menurut Surat Telegram Nomor: STR/817/III/KEP./2024 Tentang Kenaikan Pangkat Reguler Pati Polri dan Nomor: STR/818/III/KEP./2024 Tentang Kenaikan Pangkat Pengabdian Pati Polri.

Sosok Setyo Budianto

Jenderal kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 29 Juni 1967 ini adalah salah perwira tinggi Polri yang memiliki karier mentereng. Alumni Akademi Kepolisian 1989 itu memiliki pengalaman kuat dalam bidang reserse hingga menduduki beberapa jabatan. 

Tercatat, Komjen Setyo Budianto memulai kariernya sebagai Kanit Harda Sat Serse Poltabes Ujung Pandang, kemudian Kasat Serse Polres Jeneponto, Kasubbag Opsnal Bagian Sersetik, dan Kapolsekta Wajo Poltabes Ujung Pandang.

Setelah itu, ia dipercaya utuk menduduki jabatan sebagai Kabag Serse Ekonomi Polda Lampung, Kabag Serse Narkoba Polda Lampung, Wakapolres Lampung Utara, Kabag Ops Poltabes Bandar Lampung.

Halaman
x|close