Puluhan Warga Rohingya Tewas Kenas Serangan Drone

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Agu 2024, 08:10
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Drone Perang Ilustrasi Drone Perang (mehrnews.com)

Ntvnews.id, Naypyidaw - Puluhan orang, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan pesawat drone terhadap warga Rohingya yang berusaha menyeberang ke Bangladesh di perbatasan Myanmar. Para saksi melaporkan bahwa para penyintas mencari dan mengenali kerabat yang tewas atau terluka.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 13 Agustus 2024, empat saksi, aktivis, dan seorang diplomat menggambarkan serangan drone yang terjadi pada hari Senin. Serangan ini menargetkan warga yang sedang menunggu untuk menyeberangi perbatasan ke Bangladesh.

Di antara korban adalah seorang wanita hamil dan putrinya yang berusia 2 tahun, menjadikannya salah satu serangan paling mematikan terhadap warga sipil di negara bagian Rakhine dalam beberapa pekan terakhir, di tengah pertempuran antara pasukan junta dan pemberontak.

Baca Juga: Pengungsi Rohingya Perkosa Remaja 16 Tahun Sampai Hamil

Tiga saksi menyatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa Tentara Arakan bertanggung jawab atas serangan tersebut, meskipun kelompok itu membantah tuduhan ini.

Milisi dan militer Myanmar saling menyalahkan, sementara Reuters belum dapat memverifikasi jumlah korban atau memastikan pihak yang bertanggung jawab secara independen.

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan mayat-mayat tergeletak di tanah berlumpur dengan koper dan ransel berserakan di sekitarnya. Tiga orang yang selamat mengatakan bahwa lebih dari 200 orang tewas, sementara seorang saksi mata menyebut melihat setidaknya 70 mayat.

Halaman
x|close