Alusista Canggih AS Tiba di Banyuwangi, untuk Apa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Agu 2024, 06:20
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kapal angkut Amerika Serikat, MV Cape Hudson, tiba di Banyuwangi, Jawa Timur Kapal angkut Amerika Serikat, MV Cape Hudson, tiba di Banyuwangi, Jawa Timur (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kapal angkut Amerika Serikat, MV Cape Hudson, tiba di Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari Senin, 12 Agustus 2024 dan menurunkan beberapa peralatan militer, termasuk helikopter Chinook dan berbagai kendaraan taktis, untuk berpartisipasi dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024.

Latihan Super Garuda Shield, yang merupakan kolaborasi militer antara Indonesia dan AS, akan dibuka di Dermaga Ujung Komando Armada II, Surabaya, pada 25 Agustus. Latihan tersebut direncanakan berlangsung dari 26 Agustus hingga 6 September 2024.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz, menjelaskan bahwa sejumlah prajurit dan kapal dikerahkan untuk mendukung proses debarkasi peralatan militer Angkatan Darat AS serta untuk memastikan keamanan selama mereka berada di Banyuwangi, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Pusat Penerangan (Puspen) TNI yang dikonfirmasi di Jakarta pada hari Senin.

Baca Juga: Moeldoko Beberkan 3 Hal yang Dibenahi Dalam Reformasi Internal TNI

"Kami mengerahkan prajurit Lanal Banyuwangi serta unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) KAL Rajegwesi II-5-40, KAL Sembulungan II-5-42, RHIB, dan RBB untuk pengamanan di area Dermaga Tanjung Wangi," katanya, dikutip dari Antara, Selasa, 13 Agustus 2024.

Danlanal Banyuwangi menambahkan bahwa bantuan pengamanan akan terus dilakukan hingga militer AS selesai dengan aktivitas mereka di dermaga, yang merupakan area tanggung jawab Lanal Banyuwangi.

Sementara itu, prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut juga melakukan berbagai persiapan untuk latihan tersebut. Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir, Letkol Marinir Ahmad Fauzi, memimpin apel kesiapan untuk Latgabma SGS 2024 di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, pada hari Senin.

Dalam apel tersebut, Letkol Ahmad Fauzi memeriksa kesiapan prajurit, persenjataan, dan alutsista yang akan digunakan selama latihan. Ia mengingatkan prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir untuk memastikan semua perlengkapan dalam kondisi siap, terutama menjelang latihan.

Halaman

TERKINI

KPAI Harap Banding Ayah Bunuh 4 Anak Kandung Ditolak

Nasional Rabu, 18 Sep 2024 | 08:54 WIB

Pria Kehilangan Penis saat Kecelakaan Motor

Luar Negeri Rabu, 18 Sep 2024 | 08:30 WIB

Resesi Seks, Negara Besar Ini Akui Anak di Luar Nikah

Luar Negeri Rabu, 18 Sep 2024 | 08:15 WIB

Rumah Joe P Project Ludes Terbakar

Viral Rabu, 18 Sep 2024 | 08:04 WIB

Merinding, Wanita Temukan Gigi Manusia di dalam Kue!

Viral Rabu, 18 Sep 2024 | 08:00 WIB

10 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Bus Maut di Iran

Luar Negeri Rabu, 18 Sep 2024 | 07:55 WIB
Load More
x|close