10 Negara dengan Militer Terlemah di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Main-main!

NTVNews - 11 Mei 2024, 05:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bendera Islandia Bendera Islandia (pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Sistem pertahanan suatu negara menjadi aspek yang harus dimiliki untuk menjaga kedaulatan negara dari pihak lain yang ingin mengambil kekuasaan. Cara untuk menjaga kedaulatan itu adalah membangun pasukan militer Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat

Namun, untuk membangun pasukan militer tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan. Setiap negara setidaknya harus menyiapkan dana besar untuk memberikan fasilitas berupa pelatihan, fasilitas militer, peralatan tempur, peralatan teknologi, dan masih banyak lainnya. 

Karena itu, ada beberapa negara yang menyandang reputasi militer terburuk atau terendah di dunia. Menariknya, Indonesia sendiri tidak termasuk ke dalam daftar tersebut karena berada di peringkat 13 terkuat di dunia. Nah, berikut ulasan selengkapnya dari menurut Global Fire Power Index.

  1. Bhutan

Bendera Bhutan <b>(pixabay)</b> Bendera Bhutan (pixabay)

Bhutan adalah negara dengan militer terlemah di dunia. Negara pegunungan ini memiliki tiga kelompok bersenjata yaitu Tentara Kerajaan Bhutan, Pengawal Kerajaan, dan Polisi Kerajaan. Dari tiga kelompok itu, Bhutan hanya memiliki 8.000 personel militer aktif. 

Mereka juga tidak memiliki personel cadangan atau paramiliter. Bukan hanya itu, fasilitas militer mereka juga cukup terbatas, hanya memiliki 2 helikopter dan 27 kendaraan darat lapis baja. Karena itu, skor militer yang dimiliki Bhutan hanya sebesar 6.2017. 

  1. Benin

Benin merupakan negara yang terletak di kawasan Afrika Barat yang berbatasan dengan Togo, Burkina, dan Niger. Negara tropis ini diperkirakan memiliki 13 juta penduduk pada 2021 dan memiliki 5.000 personel aktif yang terdiri atas beberapa lapisan. 

Halaman
x|close