Sejarah 17 Agustus 1945, Rahasia di Balik Hari Kemerdekaan yang Tak Banyak Diketahui

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Agu 2024, 00:20
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Bendera Indonesia Bendera Indonesia (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - 17 Agustus adalah tanggal yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Pada tanggal ini, setiap tahunnya, bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan sebagai penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi meraih kemerdekaan dari penjajahan. Berikut ulasan selengkapnya. 

Latar Belakang Perjuangan Kemerdekaan

Bendera Indonesia <b>(Instagram)</b> Bendera Indonesia (Instagram)

Sebelum mencapai kemerdekaannya, Indonesia mengalami penjajahan yang panjang oleh bangsa-bangsa asing. Dimulai dengan kedatangan bangsa Portugis pada abad ke-16, diikuti oleh Belanda yang mendominasi Nusantara selama hampir 350 tahun. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan pendudukan Jepang selama Perang Dunia II. Penjajahan ini menyebabkan penderitaan yang mendalam bagi rakyat Indonesia, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya.

Namun, penjajahan yang keras tidak membuat semangat perjuangan bangsa Indonesia padam. Sejak awal abad ke-20, muncul berbagai gerakan nasionalisme yang bertujuan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Organisasi-organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Partai Nasional Indonesia menjadi pelopor dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Proklamasi Kemerdekaan

Halaman
x|close