5 Fakta Rahasia di Balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 20:05
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Soekarno Presiden Soekarno (Kemendikbud)

Ntvnews.id, Jakarta - Pada 17 Agustus 1945, Indonesia meraih kemerdekaannya dari penjajahan kolonial Belanda. Proklamasi kemerdekaan ini merupakan momen bersejarah yang tidak hanya menandai akhir dari penjajahan, tetapi juga membuka babak baru dalam perjalanan bangsa Indonesia. Berikut adalah lima fakta penting tentang kemerdekaan Indonesia pada tanggal bersejarah tersebut:

Proklamasi Kemerdekaan oleh Soekarno-Hatta

Presiden Soekarno <b>(Kementerian Luar Negeri)</b> Presiden Soekarno (Kementerian Luar Negeri)

Pada pagi hari 17 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta, sebagai pemimpin bangsa, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Proklamasi ini menjadi tonggak utama kemerdekaan Indonesia dan diikuti dengan pembacaan teks yang ditulis oleh Soekarno dan disusun bersama dengan Hatta.

Peran Pivotal Jepang dalam Proklamasi

Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945. Jepang yang sebelumnya menguasai Indonesia selama Perang Dunia II memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan, meskipun penjajahan kolonial Belanda belum sepenuhnya berakhir.

Penyerahan Kedaulatan Belanda

Halaman
x|close