8 Negara Paling Bahagia di Dunia Menurut World Happiness Report, Indonesia Termasuk?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Agu 2024, 00:25
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi bahagia Ilustrasi bahagia (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Kebahagiaan masyarakat menjadi salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan suatu negara. World Happiness Report secara rutin menerbitkan laporan tahunan yang menunjukkan faktor-faktor yang dimiliki negara-negara yang berhasil meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan hidup warga negaranya.

Mengutip Vanguard, peneliti menganalisis data survei komprehensif dari 146 negara selama empat tahun terakhir untuk mengidentifikasi negara-negara paling bahagia. Penelitian ini mencakup beberapa kategori yang digunakan untuk menyusun peringkat dari yang tertinggi hingga terendah dalam hal kebahagiaan.

Indikator penilaian mencakup PDB per kapita, dukungan kesejahteraan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan dalam membuat keputusan hidup, kemurahan hati, serta persepsi terhadap tingkat korupsi.

  1. Finlandia  

Finlandia <b>(Pixabay)</b> Finlandia (Pixabay)

Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia dalam World Happiness Report 2024 dengan skor 95,67 dari 100. Prestasi ini didukung oleh faktor-faktor seperti dukungan komunitas yang kuat, kepercayaan antarwarga, kebebasan berekspresi, dan rendahnya tingkat korupsi, yang semuanya berkontribusi pada tingkat kebahagiaan keseluruhan masyarakat.

  1. Denmark

Denmark menempati posisi kedua dengan skor 95,67 dari 100. Faktor-faktor kebahagiaan di Denmark mirip dengan Finlandia, sehingga perbedaan skor mereka sangat tipis. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sangat tinggi karena pemerintahan yang bersih dari korupsi, yang juga meningkatkan kepercayaan di antara masyarakat.

  1. Islandia 

Bendera Islandia <b>(pixabay)</b> Bendera Islandia (pixabay)

Halaman
x|close