Dorong Ketahanan Pangan, BAZNAS RI Perkenalkan Lumbung Hortikultura di Kabupaten Bandung

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Agu 2024, 09:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Lumbung Pangan BAZNAS RI Lumbung Pangan BAZNAS RI (Dok. Ist)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq (Kopontren Al-Ittifaq) meresmikan Lumbung Pangan Hortikultura Kelompok Kopontren Al Ittifaq di Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, sebagai upaya memberdayakan petani setempat. 

Lumbung Pangan merupakan program pemberdayaan petani mustahik dengan mengembangkan usaha petanian mulai dari budidaya sampai dengan pemasaran, memberikan pelatihan, bantuan modal sarana produksi pertanian, pendampingan dan pengembangan usaha pertanian.

Peresmian Lumbung Pangan Kopontren Al Ittifaq dihadiri oleh Deputi II BAZNAS RI Dr. H. M. Imdadun Rachmat M.Si, Ketua BAZNAS Kabupaten Bandung H. Yusuf Ali Tantowi, Lc., M.A, serta Ketua Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq ?KH. Agus Setia Irawan. 

Lumbung Pangan BAZNAS RI <b>(Dok. Ist)</b> Lumbung Pangan BAZNAS RI (Dok. Ist)

Deputi II BAZNAS RI Dr. H. M. Imdadun Rachmat M.Si menyampaikan, program ini merupakan kolaborasi BAZNAS RI bersama Kopontren Al Ittifaq dalam memajukan ekonomi para petani di wilayah Pondok Pesantren Al Ittifaq. 

"Lumbung Pangan Kopontren Al Ittifaq merupakan Lumbung Pangan ke 7 dari 8 titik program Lumbung Pangan yang dikembangkan BAZNAS RI dalam waktu 2020-2024," jelas Imdadun. 

Imdadun menambahkan, dengan memanfaatkan luas lahan 1.4 hektare, program  ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap ekonomi petani setempat dan juga membantu meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Halaman
x|close