4 Kontroversi Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang Minta Paskibraka Lepas Hijab, dari Cadar hingga Agama

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Agu 2024, 09:30
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D  di Istana Merdeka-Jakarta. Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D di Istana Merdeka-Jakarta. ( ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno/pri. ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno)

Ntvnews.id, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, kembali menjadi sorotan setelah Paskibraka Nasional 2024 perempuan beragama Islam yang awalnya mengenakan jilbab, diminta untuk melepasnya saat prosesi pengukuhan pada Selasa, 13 Agustus 2024.

BPIP menghadapi gelombang kritik dari organisasi keagamaan Islam dan warganet karena kontroversi ini. Yudian mengakui ada aturan yang mewajibkan anggota Paskibraka untuk melepas jilbab selama prosesi pengukuhan dan pengibaran bendera Merah Putih.

"Di luar acara Pengukuhan Paskibraka dan Pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Kenegaraan, Paskibraka putri memiliki kebebasan penggunaan jilbab dan BPIP menghormati hak kebebasan penggunaan jilbab tersebut," ujar Yudian.

Ini bukan pertama kalinya BPIP di bawah pimpinan Yudian mendapat kritik tajam dari publik karena kebijakan atau pernyataannya. Yudian, yang pernah menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dikenal sebagai figur yang kontroversial. Berikut ulasannya. 

Larangan Pakai Cadar di Kampus

Ilustrasi Wanita Pakai Cadar <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Wanita Pakai Cadar (Pixabay)

Saat menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Yudian sempat menerbitkan kebijakan yang melarang penggunaan cadar bagi mahasiswi di kampus pada tahun 2018. Kebijakan ini tercantum dalam surat keputusan B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang pembinaan mahasiswi bercadar yang dikeluarkan pada Februari 2018.

Halaman
x|close