Profil Yudian Wahyudi, Kepala BPIP yang Diduga Larang Anggota Paskibraka Pakai Hijab di IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Agu 2024, 11:16
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. ANTARA/HO-BPIP Kepala BPIP Yudian Wahyudi. ANTARA/HO-BPIP (ANTARA/HO-BPIP)

Ntvnews.id, Jakarta - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendapat sorotan publik terkait isu yang muncul pada Selasa soal anggota Paskibraka putri 2024 tidak mengenakan jilbab saat pengukuhan. Isu ini jadi perhatian khusus karena Paskibraka 2024 berada di bawah tanggung jawab BPIP.

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, menyampaikan permintaan maaf terkait keputusan yang membuat 18 anggota Paskibraka putri Nasional 2024 melepaskan jilbab mereka saat pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"BPIP mengucapkan terima kasih kepada media yang telah memberitakan tentang Paskibraka selama ini. Kami juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas berita yang beredar. BPIP menghargai setiap aspirasi masyarakat yang muncul," kata Yudian, seperti dilansir dalam siaran pers BPIP pada Selasa.

Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D  di Istana Merdeka-Jakarta.  <b>( ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno/pri. ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno)</b> Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D di Istana Merdeka-Jakarta. ( ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno/pri. ANTARA/HO-Humas Setkab-Seno)

Yudian menjelaskan bahwa penampilan Paskibraka putri yang mengenakan pakaian, atribut, dan sikap sebagaimana terlihat saat pelaksanaan tugas kenegaraan, termasuk saat pengukuhan, adalah bentuk kesukarelaan mereka untuk mematuhi aturan yang berlaku.

Dia menegaskan bahwa anggota Paskibraka putri hanya melepaskan jilbabnya pada saat pengukuhan dan pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara kenegaraan. Pada kesempatan lain, anggota Paskibraka yang berjilbab dapat mengenakan jilbabnya kembali.

Yudian juga menambahkan bahwa BPIP menghormati hak kebebasan dalam menggunakan jilbab. Berikut adalah profil dan rekam jejak Yudian Wahyudi, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Halaman
x|close